291 Kafilah Ikuti MTQH XII Bateng 2023

Kamis 22-06-2023,09:49 WIB
Reporter : Sindi/yandi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, KOBA - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) XII dan Festival Islam Tingkat Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2023 berlangsung lancar dan tertib di Halaman Kantor Bupati Bangka Tengah pada Rabu (21/6/2023) malam.

Penyelenggaraan MTQH Tingkat Kabupaten Bangka Tengah mengusung tema "Melalui MTQH dan Festival Islam Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah untuk Bangka Tengah Semakin Unggul".

Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai 21 Juni hingga 26 Juni 2023 bertempat di Kantor Bupati Bateng, GSG, outdoor rumah dinas bupati, dan smart room kantor Bupati Bateng.

BACA JUGA:Kelurahan Dul Juara Umum MTQH Tingkat Kecamatan Pangkalan Baru

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap kitab suci Alquran, memupuk keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt. 

"Tentunya kita ingin melestarikan seni baca alquran, memupuk ukhuwah islamiyah antar umat islam, khususnya umat islam di Bateng, dan menyiapkan calon duta duta Bateng pada MTQH Tingkat Provinsi di Sungailiat, Kabupaten Bangka Tahun 2023," ujar Bupati Algafry.

BACA JUGA:MTQH XI Tingkat Provinsi Babel Resmi Dibuka, Algafry Optimis Bangka Tengah Pertahankan Juara Umum ke-6

Dikatakan Algafry, kegiatan ini diikuti 6 Kecamatan di Bangka Tengah, Koba sebanyak 55 orang, Lubuk Besar 48 orang, Namang 48 orang, Pangkalan Baru 45 orang, Simpang Katis 47 orang dan Sungaiselan 48 orang.

"Total peserta ada 291 orang dengan penhinapan peserta dan official MTQH di Gedung Diklat Bateng dan penginapan dewan hakim di Purnama Home Stay By Pass Koba," tuturnya.

BACA JUGA:Lepas 53 Kafilah Bateng pada MTQH Babel 2022, Bupati Algafry Target Pertahankan Juara Umum

Sementara itu, Dori Oktora selaku Ketua Pelaksana kegiatan MTQH Bateng tahun 2023 mengatakan ada 9 cabang yang dilombakan, yakni cabang tartil, qiraat, hifzil, tafsir, fahmil quran, syarhil quran, seni menulis alquran, karya tulis ilmiah dan hafalan hadist.

"Kemudian untuk kegiatan festival islam ada lomba rebana, pantun islami, cerdas cermat dan sambung ayat yang akan digelar pada 25 Juni 2023," terangnya.

"Semoga MTQH tingkat Kabupaten Bangka Tengah dapat memberika kesan yang positif bagi seluruh kafilah, dewan hakim dan masyarakat Bateng," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Algafry Optimis Bateng jadi Terbaik MTQH XI Tingkat Provinsi, Begini Persiapannya

Kategori :