BI Babel Siapkan Rp1,2 Triliun untuk Penukaran Uang Pecahan Kecil Lebaran

Selasa 28-03-2023,09:58 WIB
Reporter : Agus
Editor : Babelpos

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan perbankan di wilayah Bangka Belitung menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,2 triliun untuk penukaran uang guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan sampai Idul Fitri 2023 atau 1444 Hijriyah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung Faturachman saat membuka Kick-Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) di Ruang Tanjung Kelayang Kantor Perwakilan BI Babel, Senin (27/3/2023).

BACA JUGA:Tekan Laju Inflasi, BI Babel Gelar Operasi Pasar

Dia menyebut uang tunai sebesar Rp1,2 triliun itu terdiri dari Rp930 miliar untuk wilayah Pulau Bangka dan Rp282 miliar untuk wilayah Pulau Belitung.

"Proyeksi tahun ini jika dibandingkan dengan realisasi Outflow Ramadhan tahun 2022 (Rp 1,4 Triliun), mengalami penurunan sebesar Rp 200 miliar (-14%), hal ini tidak terlepas dari adanya penurunan harga komoditi Timah yang menjadi komoditi unggulan di Bangka Belitung. Kecukupan kebutuhan uang rupiah, kemudian Posisi Kas Siap Edar (PKSE) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung per tanggal 20 Maret 2023 sebesar 2,5 Triliun, sehingga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah periode Ramadan dan Idhul Fitri 2023," ujar Faturachman.

BACA JUGA:BI Babel dan MUI Dorong Akselerasi Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

Kegiatan Kick Off Serambi 2023 dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BI Babel ditandai dengan pemukulan gendang dan rebana serta penyematan simbolik pin “Garda Rupiah” kepada para pejuang Rupiah se-kota Pangkalpinang. Turut hadir Deputi Kepala Perwakilan Ibu Nur Fadilah, serta Pimpinan Perbankan se-Babel.

Faturachman melanjutkan, dalam rangka menghadapi momentum Ramadan dan Idul Fitrri, kegiatan Serambi 2023 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Babel akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan.

Pertama, katanya, memastikan kecukupan kebutuhan uang rupiah di Bangka Belitung melalui metode yang akurat. Kedua adalah penyelenggaraan layanan kas di beberapa titik wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Provinsi Babel.

BACA JUGA:Faturachman Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan BI Babel

Di bulan Ramadan 2023, dikatakan Faturachman, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Layanan Kas Luar Kantor berupa Kas Keliling.

Kegiatan layanan Kas Keliling ini menurutnya, dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1444 H yang dilaksanakan sebanyak 11 titik yang tersebar di beberapa tempat yaitu di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat serta telah dilakukan di wilayah Belitung Timur yang telah dilakukan sejak awal Maret 2023 yang informasi jadwal kegiatan layanan kas keliling dapat diakses di Instagram bank_indonesia_babel.

"Kemudian dalam rangka digitalisasi layanan pengelolaan uang rupiah, masyarakat dapat memesan penukaran uang melalui web PINTAR.BI.GO.ID," jelasnya.

BACA JUGA:Mulkan Apresiasi Kontribusi BI Babel Dalam Kembangkan Klaster Pertanian di Kabupaten Bangka

Lebih lanjut Faturachman menerangkan, Kantor Perwakilan BI Babel juga berkolaborasi dengan perbankan dengan Layanan Penukaran adalah layanan kas di masing-masing loket kantor perbankan untuk melayani masyarakat, baik kepada nasabah maupun non nasabah.

Kategori :