Treasury Goes to Ponpes, DJPb Edukasi APBN ke Santri Al Islam Kemuja

Kamis 09-03-2023,07:42 WIB
Reporter : Julian Amrie
Editor : Babelpos

PANGKALPINANG - Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Bangka Belitung (Babel) mengadakan Treasury Goes to Pondok Pesantren, Rabu (8/3) kemarin ke Pondok Pesantren Al Islam Kemuja Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan kolaborasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama ini disambut baik. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari Perbendaharaan ke-19 tahun 2023. Pada pelaksanaanya kegiatan ini sebagai pengenalan dan edukasi mengenai tugas pokok dan fungsi DJPb serta informasi terkait pelaksanaan APBN.

Dalam edukasinya, Kepala Kanwil DJPb Babel Edih Mulyadi memaparkan tentang definisi, fungsi dan bagaimana APBN dikelola dan disalurkan secara modern dan akuntabel untuk membangun negeri. 

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula lima nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai dasar pelaksanaan tupoksi Ditjen Perbendaharaan dalam mengawal APBN secara berintegritas demi pengellolaan APBN yang transparan dan akuntabel.

Seirama dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Edih Mulyadi juga menyampaikan 9 nilai antikorupsi yang harus selalu diimplementasikan di manapun dan kapan pun kita berada, yaitu Kejujuran, Kepedulian, Kemandirian, Kedisiplinan, Tanggung jawab, Kerja keraas, Kesederhanaan, Keberanian, dan Keadilan.

Acara dilanjutkan dengan ice breaking yang diinisiasi oleh pegawai Kanwil DJPb serta pemberian kuis untuk mencairkan suasana dan menarik minat para santriwan/santriwati. Pada akhir acara Kanwil DJPb memberikan bantuan sosial berupa uang tunai dan sembako sebagai wujud kepedulian Kanwil DJPb  terhadap dunia pendidikan dan masyarakat sekitar.

Sementara Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Islam Kemuja Ust Amzahri dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada DJPb yang berkunjung ke Pondok Pesantren Al Islam Kemuja untuk memberikan wawasan kepada para santri. "Ini merupakan kesempatan emas untuk memberikan informasi tentang bagaimana mengenali, memahami, dan menjaga APBN kepada para santri," ungkapnya. Kegiatan ini juga dihadiri langsung Kepala Kanwil Kementerian Agama Babel, Drs. H. Tumiran.

Kategori :