Apa Itu Software Attendance Management Download dan Fungsinya?

Jumat 18-11-2022,09:00 WIB
Reporter : Sumeks
Editor : Jal

Kemudian jika instalasi telah berhasil dilakukan, maka penggunaan mesin attendance management karyawan dapat digunakan. Dan penggunaannya dilakukan ketika karyawan masuk kerja di pagi hari atau sesuai jadwalnya masing – masing. Setelah itu, sistem secara otomatis akan mendata karyawan yang nantinya akan masuk. Setelah itu baru diproses oleh bagian staf HRD untuk bisa dikelola.

3. Sistem Attendance Management dengan Fingerprint atau Sidik Jari

Penggunaan kartu yang sudah semakin usang dan ada banyak tindakan kecurangan yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan. Teknologi yang terus berkembang menghadirkan sistem Attendance Management baru dengan mengusung sistem fingerprint atau sidik jari. Pertama kali sistem ini digunakan pada tahun 1997.

Pada tahun tersebut mesin absensi ini disebut juga dengan istilah mesin absensi berbasis biometric. Biometrik yang menggunakan sidik jari karyawan dalam mempergunakan pendataan absensi karyawannya.

Hal ini bisa terjadi karena setiap karyawan akan mempunyai sidik jarinya masing - masing yang cenderung akan berbeda-beda dengan karyawan lainnya. Sehingga, akan lebih cocok untuk dipergunakan sebagai identitas karyawan guna meminimalisir tindakan kecurangan.

Selain bisa mengurangi atau meminimalisir tindakan kecurangan tersebut, sistem Attendance management karyawan yang satu dapat digunakan secara sederhana dan praktis. Sehingga, secara mudah karyawan akan melakukan absensi kehadirannya masing – masing.

Akan tetapi, untuk tingkat kepraktisan dan efektifitasnya sendiri masih kalah dengan sistem Attendance Management software. Lalu apa itu software attendance management?

4. Software Attendance Management

Terakhir, terdapat sebuah sistem dengan perangkat lunak berbentuk software yang praktis untuk digunakan yaitu software attendance management. Sistem absensi yang cukup populer untuk pendataan kehadiran di masa sekarang .

Alasannya karena software attendance management ini berbasiskan iOS dan Android. Sehingga, penggunaannya pun akan lebih meningkatkan efektifitas serta kemudahan dalam pendataan setelah kehadiran terselesaikan.

Fungsi dan Manfaat Software Attendance Management Download

Sebenarnya fungsi atau manfaat ini akan dijadikan satu karena kedua hal tersebut saling berkaitan, jika sistem tersebut mempunyai fungsi sederhana akan akan memberikan manfaat penggunaan yang mudah dan seterusnya. Inilah beberapa fungsi dan manfaat dari software attendance management download.

1. Sistem Terintegrasi

Fungsi pertama dapat Anda temukan pada sistem yang terintegrasi. Kegunaan data absensi yang diperoleh dari software attendance management download ini nanti dapat berfungsi untuk menghitung gaji karyawan pada setiap akhir periode lebih praktis dan mudah.

Bayangkan saja jika penggunaan data absensi untuk menghitung upah dilakukan secara manual, maka membutuhkan waktu yang banyak serta akan memungkinkan terjadinya kesalahan atau human error

Maka dari itu, guna mengatasi masalah tersebut muncullah teknologi baru bernama software attendance management download. software attendance management download yang telah terancang dengan sistem kerja terintegrasi secara online. Sehingga, akan lebih dapat dengan mudah menghubungkan data kehadiran karyawan dengan perhitungan jumlah gaji bulanan.

Kategori :