Kemenangan Digagalkan Wasit, Indonesia Belum Terkalahkan

Kemenangan Digagalkan Wasit, Indonesia Belum Terkalahkan

Rafael Struick dan Oratmangoen melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua Indonesia ke gawang Bahrain. --Foto: ist

BABELPOS.ID - Timnas merah putih memperpanjang catatan belum terkalahkan dari tiga laga yang sudah dimainkan pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah bermain imbang 2-2 melawan Bahrain.

Pada laga yang dimainkan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10), Indonesia tertinggal lebih dahulu melalui gol tendangan bebas Mohamed Marhoon pada menit ke-15.

Keunggulan Bahrain yang hampir bertahan hingga babak pertama berakhir lalu sirna setelah Indonesia menyamakan kedudukan pada menit ke-45+3 melalui Ragnar Oratmangoen.

BACA JUGA:Hilgers dan Reijners Resmi Jadi WNI, Timnas Semakin Kuat di Kualifikasi Piala Dunia 2026

BACA JUGA:Beri Naturalisasi, Kemenkumham Dukung Jalan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Memasuki babak kedua, Indonesia membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah Rafael Struick mencetak gol cantik pada menit ke-73.

Tim Garuda hampir membawa kemenangan pertamanya dari kandang Bahrain setelah tambahan waktu enam menit babak kedua telah terlewati.

Namun, wasit Ahmed Abu Bakar Said yang memimpin laga tak kunjung meniup peluitnya hingga kemudian Dilmun's Warriors mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-90+9 melalui gol kedua Marhoon.

Usai pertandingan, beberapa pemain Indonesia terlihat sangat marah. Shayne Pattynama sampai harus ditenangkan staf pelatih, sedangkan manajer timnas Sumardji sampai diganjar kartu merah oleh wasit Ahmed.

BACA JUGA:Striker Timnas Indonesia Gabung Klub Australia

BACA JUGA:Pede, Timnas Indonesia Siap Gempur Australia

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mewajarkan para pemain asuhannya yang sangat marah terhadap keputusan-keputusan wasit Ahmed Al Kaf, yang memimpin pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Bahrain menjamu Indonesia.

“Baik Indonesia dan Bahrain melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir. Tapi saya harus tetap menyebut mengenai beberapa hal memalukan terkait keputusan wasit. Jika AFC ingin membangun sepak bola, maka pengambilan keputusan wasit juga harus ditingkatkan,” kata Pelatih Shin dalam jumpa pers usai pertandingan seperti dikutip dari rekaman video.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis malam tersebut, sejumlah keputusan wasit merugikan Indonesia. Puncaknya adalah saat wasit Ahmed memberikan tambahan waktu enam menit, tetapi kemudian memperpanjang waktu bermain sampai menit ke-99 sehingga membuat Bahrain dapat mengemas gol penyama kedudukan untuk mengakhiri laga dengan skor 2-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara