Festival Pelayanan Publik, Mendekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Festival Pelayanan Publik, Mendekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Penyerahan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas.--Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Festival Pelayanan Publik yang melibatkan puluhan penyelenggara pelayanan publik dinilai dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy disela-sela kegiatan Festival pelayanan publik di Lapangan Bola Taruna Arung Samudra, Desa Belo Laut Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Festival Belo Laut (Belfest) pada Minggu (8/9).

“Festival pelayanan publik yang diinisiasi oleh Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu strategi untuk peningkatan akses pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik. Strategi ini mendekatkan berbagai layanan publik untuk dapat di akses oleh masyarakat dalam satu waktu. Para penyelenggara layanan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk memberikan informasi, menerima konsultasi, sosialisasi, maupun bertransaksi dan melakukan pelayanan langsung kepada Masyarakat,” ujar Yozar.

BACA JUGA:8 Bulan, Ombudsman Babel Terima 587 Aduan, 202 Selesai

BACA JUGA:Ombudsman Babel Supervisi Hasil Proses Penilaian Kepatuhan Pemkab Bangka Tengah

Yozar mengapresiasi terkait keterlibatan puluhan penyelenggara pelayanan publik khususnya pemerintah Desa Belo Laut yang sudah bekerjasama sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik serta sambutan masyarakat dalam Festival Pelayanan Publik ini sangat baik.

“Masyarakat sangat antusias dalam memanfaatkan kesempatan ini, mereka dalam satu waktu dapat mendapatkan pelayanan dari berbagai instansi. Begitu juga saya memberikan apresiasi kepada penyelenggara layanan, yang tetap semangat dalam memberikan layanan walaupun bertepatan dihari libur,“ jelasnya.

Berdasarkan informasi dari berbagai booth layanan, terdapat ratusan orang telah memanfaatkan dan mengakses layanan di berbagai stand atau booth layanan di Festival Pelayanan Publik 2024.

“tercatat total pengunjung dan pengakses layanan publik sebanyak 737 orang dengan total 55 jenis pelayanan, selain itu juga terdapat pembayaran retribusi dan transaksi di beberapa booth layanan," ujarnya.

BACA JUGA:Ombudsman Babel Dukung Pembentukan Mal Pelayanan Publik di Bangka Tengah

BACA JUGA:Ini Temuan Ombudsman Babel Soal Kepatuhan Pelayanan Publik di Babel

Dalam penyelenggaraan Festival pelayanan publik tahun ini, hadir mulai pemerintah Desa Belo Laut, instansi Vertikal, BUMN, BUMD serta beberapa instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat. 

“Peserta booth yang hadir dalam Festival pelayanan publik ini meliputi Ombudsman RI Pwk Babel, PT PLN UP3 Bangka, OJK wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Kantor Pertanahan Bangka Barat, BKKBN Provinsi, BNN Provinsi, Bank BNI, BRI, BSB dan Mandiri dan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat yaitu PMI Bangka Barat, Disdukcapil Bangka Barat, PDAM Sejiran Setason, DPMPTSP Bangka Barat, BPPRD Bangka Barat dan Puskesmas Mentok,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: