Tiga Pegawai Lapas Kemenkumham di Babel ikut PON XXI Aceh-Sumut 2024

Tiga Pegawai Lapas Kemenkumham di Babel ikut PON XXI Aceh-Sumut 2024

--

PANGKALPINANG - Tiga pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kemenkumham di Babel akan ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Mereka adalah Edi Ariansyah pegawai pada Subsi Bimbingan Kerja dan Irwanda Wakil Kepala Regu Pengamanan pada Lapas Pangkalpinang Kemenkumham Babel. Selanjutnya adalah Rosmita Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Perempuan Pangkalpinang Kemenkumham Babel.

Pada PON XXI Aceh-Sumatera ini, Edi Ariansyah akan berlaga pada cabang olahraga lari estafet 4x400 M mix. Edi menuturkan, ini merupakan PON terakhirnya sebagai atlet.

Edi pernah meraih Juara 3 Lari 400 meter pada Sea Games Myanmar 2013, Juara 3 Lari 400 meter dan 4x400 meter Estafet pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau Tahun 2012, serta Juara 1 Lari 400 meter pada Kejuaraan Nasional Atletik 2013 dan 2014.

Sementara Rosmita, pada PON kali ini menjadi pelatih pada cabang atletik. Ia memulai langkah menjadi pelatih sejak PON Kaltim tahun 2008.

"Ini merupakan PON kelima saya menjadi pelatih, kurang lebih sudah 16 tahun," ujarnya.

Rosmita memulai karir kepelatihannya dengan mengikuti sekolah kepelatihan di Johannes Guttenberg University di Mainz Jerman selama kurang lebih dua tahun.

Sedangkan Irwanda, merupakan pelatih Pencak Silat dari Babel pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ajang ini merupakan pengalaman pertamanya sebagai pelatih.

"Saya sudah menjadi atlet sejak tahun 2014, sembari menjadi atlet saya juga melatih anak-anak untuk pencak silat," katanya.

Irwanda berharap dapat mengikuti jejak Rosmita untuk menjadi pelatih professional dan memperoleh kesempatan untuk mengikuti pendidikan kepelatihan di luar negeri.

Sebagai pegawai Lapas Kemenkumham Babel sekaligus atlet dan pelatih, tidak mudah bagi ketiganya untuk membagi waktu antara bekerja dan latihan. 

"Namun berkat dukungan pimpinan (Kakanwil, Kadivpas dan Kalapas), kami bisa optimal dalam berprestasi dan tetap menjalankan tugas dengan baik," ujar Rosmita.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto berharap, ketiganya dapat memberikan yang terbaik untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ajang PON XXI Aceh-Sumut ini dengan tetap mengedepankan sportivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: