PLN Lakukan Sosialisasi, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Keselamatan Ketenagalistrikan

PLN Lakukan Sosialisasi, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Keselamatan Ketenagalistrikan

Petugas PLN melakukan sosialisasi terkait Keselamatan Ketenagalistrikan jaringan PLN kepada anak-anak sekolah dengan menyebarkan selebaran dan brosur sosilisasi.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung mengadakan sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan yang dilaksanakan di wilayah kerjanya di Pulau Bangka, Kamis (29/8/2024). 

BACA JUGA:PT Timah dan Polda Babel Gelar Latihan Peningkatan Kemampuan Bersama

Kegiatan yang menyasar perangkat daerah, anak-anak sekolah dan masyarakat umum ini bertujuan untuk mengedukasi tentang potensi risiko yang ditimbulkan oleh penggunaan listrik yang tidak aman dan bagaimana cara menghindarinya.

Team Leader Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) & Keamanan PLN UPK Babel, Abdul Fitro menjelaskan, kegiatan sosialisasi K2  dan K3 ini rutin dilakukan setiap bulanan. 

BACA JUGA:Babel Beramal, Erzaldi-Yuri Ajak Berdemokrasi dengan Beradab

“Dalam kegiatan sosialisasi ini, kami memberikan pemahaman kepada kalangan masyarakat dan juga kepada anak-anak tentang bahaya yang dapat ditimbulkan akibat konsleting listrik, penggunaan peralatan listrik yang rusak dan juga pentingnya instalasi listrik yang sesuai dengan standar keamanan," sebut Abdul. 

BACA JUGA:BPS Bersama Diskominfo Lakukan Pembinaan Metadata Untuk Wujudkan Satu Data Bangka Selatan

Ia juga menambahkan, dalam memeriahkan hari kemerdekaan PLN, untuk tetap selalu waspada serta menghindari pemasangan bendera dan umbul-umbul dengan menjaga jarak maksimum 3 meter secara vertikal maupun horizontal dari jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV(kilo Volt).

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Panwascam Pemali Lakukan Bimtek PKD dan Awasi ASN

“Selain jarak aman ketika pemasangan bendera, PLN menyampaikan juga agar anak-anak dapat menghindari bermain layang-layang di area tower listrik maupun tiang listrik Tegangan Menengah (TM) 20kV,” tambah Abdul.

Lurah Jerambah Gantung Pangkalpinang, Suswoyo menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim PLN UPK Babel yang telah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warganya.

BACA JUGA:Dua Pelaku Curat di Belinyu di Bekuk, Aksinya Curi Uang, Gawai dan Cincin Emas

“Brosur yang telah dibagikan kepada kami akan kami sebarkan kepada warga-warga kami terutama warga yang berada disekitaran Tower SUTT dan Tiang TM PLN," ujar Suswoyo.

Manager PLN UPK Babel, Wayan Budi Laksana, menyampaikan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah menjadi budaya yang diterapkan diseluruh unit PLN, tentunya K2 dan K3 ini tidak akan berhasil tanpa kesadaran bersama termasuk seluruh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: