Segini Volume Penjaminan Kredit Jamkrindo Pangkalpinang Semester I/2024

Segini Volume Penjaminan Kredit Jamkrindo Pangkalpinang Semester I/2024

Dedi Wardhani --Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG- Jaminan Kredit Indonesia atau Jamkrindo membukukan volume penjaminan pada 2024 hingga Juni 2024 sebesar Rp983 miliar. Secara tahunan, volume penjaminan kredit tersebut tumbuh 22%.

Pada periode yang sama, pendapatan imbal jasa penjaminan (UP) tercatat sebesar Rp23 miliar, tumbuh 6% secara tahunan. Adapun, pendapatan subrogasi (peralihan hak tagih dari lembaga keuangan) Rp2 miliar, tumbuh 7% secara tahunan.

Pemimpin Cabang Pangkalpinang PT Jamkrindo Dedi Wardhani menuturkan, porsi terbesar volume penjaminan Jamkrindo Cabang Pangkalpinang adalah penjaminan program pemerintah yakni kredit usaha rakyat (KUR) yang pada Juni 2024 sebesar Rp432,8 miliar, tumbuh 65%.

"Selain penjaminan KUR, kami juga memiliki line of business suretyship, konsumtif, dan produktif," ujar Dedi dalam temu media di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Selasa (30/7).

BACA JUGA:Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia, Peran Nyata BRI Topang Perekonomian Nasional

BACA JUGA:Targetkan Pertumbuhan Kredit Double Digit, Prospek Saham BBRI Diramal Cerah

PT Jamkrindo Cabang Pangkalpinang merupakan unit kerja Jamkrindo di bawah Kantor Wilayah Palembang. Di Kantor Wilayah Palembang, volume penjaminan pada Juni 2024 tercatat sebesar Rp28,9 triliun, tumbuh 112% secara tahunan.

Adapun pendapatan UJP sebesar Rp361 miliar, tumbuh 24% dan pendapatan subrogasi Rp 39 miliar, tumbuh 130%.

"Jamkrindo merupakan perusahaan yang mendukung ekosistem perekonomian nasional, terutama dari sektor riil dengan mendorong kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah," kata Dedi.

BACA JUGA:Presiden Minta Perbankan Tingkatkan Porsi Kredit UMKM, BRI Siapkan Segmen Ultra Mikro

BACA JUGA:Jelang Restrukturisasi Kredit COVID-19 Berakhir, BRI Siapkan Strategi Pencadangan Memadai

Jamkrindo fokus pada kegiatan bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian menggunakan four eyes principles dan three lines of defense, serta peningkatan risk appetite pada seluruh term and condition perjanjian kerja sama seluruh produk penjaminan perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bisnis dapat terus memberi kontribusi pada kinerja perusahaan, sekaligus ikut memberi kontribusi pada perekonomian di sektor riil.

Selain menjalankan bisnis untuk menjaga keberlangsungan perusahaan, Jamkrindo juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: