Di Lapas Pangkalpinang, Taruna Utama Poltekip Kemenkumham RI Luncurkan Inovasi “Apel Emas"

Di Lapas Pangkalpinang, Taruna Utama Poltekip Kemenkumham RI Luncurkan Inovasi “Apel Emas

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lapas Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel, meluncurkan inovasi terbaru aplikasi layanan publik bernama Aplikasi Pelayanan Elektronik Pemasyarakatan (Apel Emas).  

Inovasi ini merupakan aplikasi pemanggil antrian bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Lapas Pangkalpinang melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

BACA JUGA:Disergap Polisi, Pemakai Sekaligus Kurir Sabu di Pangkalpinang Ini Sempat Buang Barang Bukti

Inovasi "Apel Emas" dirancang dengan bantuan dan dukungan dari Taruna Utama Poltekip Kemenkumham RI, Helena Gracelda Situmeang, Dien Noor Palupi dan Desi Safitri, saat mereka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lapas Pangkalpinang. 

Aplikasi berbasis Dekstop yang dikembangkan tanpa biaya ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya sistem Pemasyarakatan di Lapas Pangkalpinang.

BACA JUGA:Empat Pelaku Kasus Narkotika Diamankan Polres Basel Dalam Sepekan, Alasannya Bikin Miris

Kalapas Pangkalpinang, Badarudin, selaku pembimbing taruna mengatakan, inovasi ini merupakan aplikasi hasil KKN para taruna yang sangat berdampak bagi Lapas Pangkalpinang untuk memberi pelayanan prima bagi masyarakat.

"Hadirnya Inovasi Apel Emas mempermudahkan kami untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai pemberi layanan dan melaksanakan reformasi birokrasi yang berdampak bagi masyarakat dan organisasi sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” kata Badarudin, Jumat (19/7/2024).

BACA JUGA:Safety Riding Collaboration Honda Babel, Bagikan Helm Gratis Saat Operasi Menumbing 2024

Dengan inovasi terbaru dan pendekatan yang terintegrasi, dikatakan Badarudin, Apel Emas mengoptimalkan pengelolaan data pengunjung, mempercepat proses administrasi, dan memastikan pemantauan yang lebih baik terhadap aktivitas pengunjung. 

Menurutnya inovasi ini merupakan langkah maju dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di Lapas Pangkalpinang.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan di Lapas Pangkalpinang. Apel Emas adalah langkah besar yang akan membawa perubahan positif dalam sistem pemasyarakatan," tegas Badarudin.

BACA JUGA:Safety Riding Collaboration Honda Babel, Bagikan Helm Gratis Saat Operasi Menumbing 2024

Lebih lanjut, Badarudin mengatakan, era digital seperti saat ini seluruh layanan hendaknya sudah berbasis digitalsasi sehingga lebih cepat dan mudah, diharapkan dengan keberadaan aplikasi ini akan mendukung pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh layanan, mempermudah masyarakat dalam menerima layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: