Sekda Ferry Afriyanto Buka Rapat Perencanaan Launching Semarak Babel

Sekda Ferry Afriyanto Buka Rapat Perencanaan Launching Semarak Babel

(Foto: Dok.Diskominfo Babel)--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) Ferry Afriyanto membuka Rapat Perencanaan _Launching_ Program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) di Ruang Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Rabu (26/6/2024). 

"Semarak Babel harus kita sukseskan guna peningkatan indeks kualitas lingkungan hidup melalui indeks kualitas tutupan lahan di Kep. Babel. Latar belakang dari kegiatan ini tentu dari inisiasi Pj. Gubernur Safrizal ZA dalam rangka melestarikan lingkungan dan hutan di Provinsi Kep. Babel," ujarnya. 

BACA JUGA:Ekonomi Sulit, Emak-emak di Pangkalpinang Ini Malah Jadi Pecandu dan Jual Sabu, Begini Akhirnya

Sekda Ferry juga mengatakan, untuk pelaksanaan penanaman serentak kemudian dikoordinasikan secara matang agar pelaksanaannya nanti dapat terlaksana dengan baik serta dapat memenuhi jumlah sebagaimana yang direncanakan.

"Jadi kalau kemarin disampaikan bahwa kita punya target gitu ya minimal bisa mencapai 1 juta pohon di tahun 2017 dan tentunya sampai saat ini kita sudah melakukan koordinasi penanaman bersama dari seluruh instansi," jelasnya. 

BACA JUGA:Ekonomi Sulit, Emak-emak di Pangkalpinang Ini Malah Jadi Pecandu dan Jual Sabu, Begini Akhirnya

Dijelaskannya, kegiatan Semarak Babel ini direncanakan dilakukan pada Kamis 18 Juli 2024 pada pukul 08.30 WIB dengan lokasi areal penanaman di setiap kabupaten/kota namun secara seremoni terintegrasi melalui Zoom. 

"Lokasi bisa diusulkan oleh UPT DLHK  KPH/KPHL di tiap kabupaten/kota di setiap lokasi menanam minimal 500 batang, jenis tanaman bisa menggunakan jenis tanaman perkayuan, jenis _Multy Purpose Tree Species_ (MPTS)  ataupun tanaman mangrove.

BACA JUGA:Ekspresikan Kreativitasmu Melalui Media Digital

Lokasi penanaman dikatakan Sekda Ferry dilakukan di masing-masing Kabupaten/Kota yang lokasinya akan diusulkan oleh UPT DLHK KPH/L di Kabupaten, serta di masing-masing Sekolah dari Tingkat SD, SLTP dan SLTA se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lokasi Pemegang Izin Pertambangan, Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) juga anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Mudah-mudahan nanti dengan diskusi yang lebih teknis diperoleh masukan-masukan terkait rencana penanaman serentak Semarak Babel ini," pungkasnya. 

Penulis: Lisia Ayu

Foto: Saktio

Editor: Imelda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: