Tingkatkan Kemampuan Petani Kuasai Teknologi

Tingkatkan Kemampuan Petani Kuasai Teknologi

--

BABELPOS.ID, MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat terus berupaya meningkatkan kemampuan para petani menguasai teknologi pertanian sehingga produksi dan produktivitas terus meningkat.

"Kita akan terus berupaya agar para petani semakin terampil memanfaatkan teknologi modern yang sudah ada saat ini agar produksi berbagai bahan pangan lokal semakin meningkat sehingga mampu mendukung upaya penguatan ketahanan pangan daerah," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu (19/6).

BACA JUGA:Minggu Ketiga Juni Pembukaan PPDB, Berikut Jalurnya

Menurut dia, sektor pertanian merupakan salah satu bidang yang mendapatkan prioritas perhatian dari pemerintah dan diupayakan agar ke depan sektor tersebut bisa menjadi salah satu unggulan daerah Kabupaten Bangka Barat.

"Pekan kemarin kita bersama Pemerintah Desa Tebing, Kecamatan Kelapa berhasil melaksanakan kegiatan festival agrowisata bersamaan dengan panen raya sawah desa. Dari situ kita lihat langsung potensi besar sektor pertanian yang ada di desa itu untuk terus dikembangkan," katanya.

BACA JUGA:Ini Strategi Italia Lawan Spanyol

Menurut dia, kegiatan panen raya dilaksanakan sebagai ungkapan syukur para petani Desa Tebing yang telah berhasil memanen padi dengan cukup baik dan mendukung ketersediaan pangan dalam beberapa bulan ke depan.

"Desa Tebing merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sektor pertanian yang dapat menjadi keunggulan, kita akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan agar petani di desa tersebut semakin maju dan memiliki keinginan kuat untuk terus menggeluti sektor pertanian pangan," katanya.

BACA JUGA:Wujudkan Indonesia-Sentris, Sudahkah Daerah Kepulauan Terjamah?

Guna mendukung upaya tersebut, Pemkab Bangka Barat melalui dinas terkait telah menyiapkan berbagai program dan kegiatan agar petani semakin terampil dan mengusai teknologi pertanian sehingga produksi dan produktivitas lahan semakin baik.

"Kita harap apa yang kita tanam hari ini bisa menjadi bekal sehingga kita tidak lagi kekurangan pangan, pemerintah juga telah menyiapkan program yang bisa diikuti para petani, karena anggaran sudah disiapkan sehingga ke depan pengelolaan lahan semakin maksimal," katanya.

BACA JUGA:Ruiz Motor Spanyol Lawan Italia

Ia juga memberikan apresiasi kepada para petani yang saat ini sudah mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menggarap potensi sektor pertanian yang ada di desa masing-masing.

"Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, para petani kita akan mampu mengelola lahan pertanian mereka dengan lebih efektif dan efisien. Untuk itu, jangan ragu, dan kita selalu mendukung program-program pelatihan yang dapat meningkatkan kapasitas para petani, sehingga dapat mengimplementasikan praktik pertanian yang lebih baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: