Pemkot Pangkalpinang Periksa 15.000 Sampel Balita, Ini Tujuannya

Pemkot Pangkalpinang Periksa 15.000 Sampel Balita, Ini Tujuannya

Lusje Anneke Tabalujan, PJ Walikota Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Kota PANGKALPINANG Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengambil dan memeriksa 15.000 sampel balita, sebagai langkah mencegah dan memastikan angka kasus stunting di daerah itu.

"Hasil pemeriksaan sampel ini, kasus stunting di Kota Pangkalpinang turun menjadi 11,6 persen dari 12,9 persen," kata Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan saat meninjau intervensi pencegahan stunting di Posyandu Kamboja Kelurahan Lontong Pancur Pangkalpinang, Kamis (13/6).

BACA JUGA:Pj Wako Lusje Minta Posyandu Punya Data Pasti Stunting

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pengambilan 15.000 sampel balita ini kasus stunting di Kota Pangkalpinang turun menjadi 11,6 persen atau jauh berbeda dibandingkan data kasus stunting yang dikeluarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) menyatakan kasus stunting di Kota Pangkalpinang naik hingga 20 persen.

"Data mana yang lebih akurat dan dipercaya, apakah data SKI yang hanya mensurvei 280 balita dan hanya dilakukan sehari saja atau data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Pangkalpinang yang telah mensurvei 15.000 balita dan dilakukan setiap harinya," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkot Pangkalpinang Intervensi Cegah Stunting Serentak

Ia menyatakan, dalam mencegah dan menangani stunting ini, dinas kesehatan, camat dan lurah terus melakukan peninjauan dan mereka paham berapa kenaikan serta penurunan angka stunting di daerahnya.

"Data ini yang akan kita bawa, supaya bisa melihat data yang diambil sampel. Jangan data dari sampel dari 280 balita yang diambil satu hingga dua hari saja," katanya.

BACA JUGA:PJ Wako Lusje Ingatkan ASN Netral di Pilkada

Ia menambahkan, jumlah balita di Kota Pangkalpinang sebanyak 20.000 orang dan telah diambil sampelnya sebanyak 15.000 orang, guna memastikan angka stunting di daerah ini.

"Alamdulillah, dari hasil pengambilan sampel kemarin red-Rabu (12/6) angka kasus stunting di Kota Pangkalpinang mengalami penurunan dan inilah data yang akurat," katanya. (Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: