Baznas RI Bangun 50 ZMart di Babel

Baznas RI Bangun 50 ZMart di Babel

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempunyai cara sendiri agar para mustahiknya "naik kelas", lewat program ZMart.

Dengan ZMart berupa toko kelontong yang dibiayai Baznas, para mustahik ini dapat berniaga sehingga meningkatkan penghasilan dan membantu menggerakan perekonomian. Di Babel, ada 50 ZMart yang akan dibangun Baznas RI.

Rabu (29/5), salah satu ZMart dilaunching Baznas Berlokasi di Jalan Koya Bumi Kelurahan Gajah Mada  Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang. ZMart tersebut dikelola oleh Sunardi, salah satu mustahik Baznas yang merupakan penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Pj Sekda Pimpin Rapat Forum Komunikasi BPJS Kesehatan, Bahas Capaian UHC di Kep. Babel

Hadir dalam launching ini, Wakil Ketua Baznas RI, H Mo Mahdum yang didampingi Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, para pimpinan Baznas Babel dan Pangkalpinang serta Plt Kepala Dinas KUMKM Babel, Riza Ariani.

"Zmart ini adalah salah satu program hibah dari Baznas RI untuk para mustahik (penerima zakat) di daerah sehingga kedepannya nanti mereka para mistahik tidak lagi menjadi penerima zakat, tapi menjadi orang yang membayar zakat," ungkap Wakil Ketua Baznas RI, H Mo Mahdum.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Harmonisasikan 3 Rancangan Peraturan Daerah Bangka Barat

Mustahik penerima hibah ZMart mendapat dana hibah Rp 10 juta untuk mengembangkan dan mengelola warung ZMart sesuai standarisasi yang telah ditentukan oleh Baznas RI, seperti layout warung, produk-produk yang dijual sama karena ZMart punya sistem logistik sendiri melalui aplikasi sehingga pemilik ZMart tidak perlu meninggalkan warung untuk berbelanja.

"ZMart ini toko kelontong yang berbasis warung dengan pendekatan satlenceng modern karena pakai aplikasi. Kita bekerjasama dengan provider berpengalaman di bidangnya sehingga harga produk kita tidak kalah seperti di mart lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Memprihatinkan! Kakak dan Adik di Toboali Bergantian Setubuhi Anak Bawah Umur Hingga 18 Kali

Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, Saidah Sakwan menambahkan, tahun ini Baznas RI menargetkan akan membangun 1.000 warung ZMart se-Indonesia, termasuk 50 ZMart di Bangka Belitung karena ini akan menjadi program nasional Baznas RI. "Untuk saat ini sudah kami bangun 2.753 ZMart di seluruh daerah di Indonesia," ungkapnya.

Dengan adanya warung ZMart ini, Baznas berharap para mustahik bisa memperoleh penghasilan lebih dari Rp 6 juta per bulan agar dia bisa menjadi muzaki atau pembayar zakat, bukan lagi sebagai mustahik yang selalu menerima zakat.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Babel Lepas 12 Kades/Lurah Menuju Paralegal Academy 2024

"Setelah launching Zmart ini Baznas juga terus melakukan pendampingan kepada Pemilik ZMart agar mereka terus berkembang karena inilah bukti kehadiran Baznas untuk menstimulasi pergerakan ekonomi masyarakat di tingkat lokal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: