Cegah Korupsi, Pemkab Gelar Sosialisasi SPI 2024

Cegah Korupsi, Pemkab Gelar Sosialisasi SPI 2024

Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2024 dan rencana tindaklanjut pelaksanaan SPI tahun 2023 di Widari Hotel Koba--

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melakukan sosialisasi survei penilaian integritas (SPI) tahun 2024 dan rencana tindaklanjut pelaksanaan SPI tahun 2023 di Widari Hotel Koba, pada Rabu (15/5/2024).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan SPI yang dilaksanakan akan membantu institusi untuk memetakan risiko korupsi dan mengukur efektivitas upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan.

BACA JUGA:Jual Motor Pinjaman di Payung, Pelaku Tertangkap di Puding Besar

"Pada tahun 2023 lalu, SPI dilaksanakan pada 88 Kementrian/Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi dan 506 Pemerintah Kabupaten/Kita, dengan menggunakan metode baku/standar yang ditetapkan," ungkap Algafry.

Dituturkan Algafry, hasil penilaian SPI 2023 yang dilakukan KPK, Pemkab Bateng saat ini berada di skor 78,28.

BACA JUGA:Pemblokiran Rekening CV MAL, Petani Sawit di Bateng Ngeluh Hingga Pekerja Terancam PHK

"Sementara perolehan nilai MCP-KPK 94, yang mana skor tersebut di atas rata-rata skor di wilayah Provinsi Babel dan tertinggi di Babel," ucapnya.

Kata Algafry, penilaian SPI ini meliputi transparansi, integritas dalam pelaksanaan tugas, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan SDM, trading in influence (intervensi eksternal untuk pemberian izin/rekomendasi teknis).

BACA JUGA:Sebanyak 8 Paskibraka Bangka Tengah Dilepas Bupati Algafry Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi 2024

"Kemudian, pengelolaan anggaran dan sosialisasi antikorupsi," tuturnya.

Ia berharap, perwakilan dari setiap OPD di Bateng yang mengikuti sosialisasi bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

"Hasil SPI 2023 yang disajikan, semoga bisa bermanfaat sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan untuk memitigasi risiko korupsi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: