PJ Gubernur Safrizal Resmikan Gedung Balai Kekarantinaan Kesehatan

PJ Gubernur Safrizal Resmikan Gedung Balai Kekarantinaan Kesehatan

IST/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA meresmikan Gedung Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas II Pangkalpinang dan Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Tanjung Pandan Provinsi Kepulauan Babel, Senin (13/5). 

BACA JUGA:Bakal Calon Kada se-Babel Beradu Visi Misi di Nasdem

"Kami berharap dengan diresmikannya gedung baru ini, dapat memberi semangat baru dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit khususnya penyakit menular berpotensi wabah di Babel," ujar Pj. Gubernur Safrizal di Gedung Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas II Pangkalpinang. 

Hal itu penting, karena menurutnya Babel sebagai daerah kepulauan sangat rentan dan berisiko terhadap masuknya penyakit-penyakit menular berbahaya, dan Balai Kekarantinaan Kesehatan mempunyai peran penting untuk memfilter atau menyaring keluar masuknya penyakit menular.

BACA JUGA:Bakal Calon Kada se-Babel Beradu Visi Misi di Nasdem

Sehingga dirinya mengapresiasi peran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menghadirkan gedung ini, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit-penyakit menular berbahaya yang kemungkinan berasal dari luar wilayah Babel ataupun dari luar negeri. 

"Selain itu, dengan adanya gedung ini dapat dijadikan sarana simulasi dan sosialisasi penanganan keadaan darurat, sehingga informasinya dapat dirasakan masyarakat," pesannya.

BACA JUGA:Bawaslu Pangkalpinang Tes Puluhan Calon Panwascam, Pantau CAT Tes Tertulis

Selain peresmian, dalam kegiatan yang sama, Pj Gubernur menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas II Pangkalpinang dengan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, RSUP Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Kep. Babel, dan RSUD Depati Hamzah. 

"Kami juga berharap melalui penandatanganan perjanjian kerja sama ini terwujud koordinasi dan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam melindungi masyarakat Babel dari berbagai penyakit menular, seperti demam berdarah, malaria, hingga Kaki gajah atau filariasis," harapnya. 

BACA JUGA:Sepeda Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Hadirkan Warna Baru

Sementara itu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu yang hadir secara virtual mengatakan, pendirian gedung ini sejalan dengan komitmen Kemenkes RI untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

BACA JUGA:Kreatif, Pegawai Kebersihan Pemkab Basel Buat Miniatur Kantor Bupati dari Sampah

Terdapat berbagai sarana pelayanan Kesehatan di gedung baru tersebut, seperti laboratorium sanitasi lingkungan, laboratorium vektor, laboratorium klinik, ruang vaksinasi, serta fasilitas penunjang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: