12 Mei Batas Akhir Penyerahan Syarat Calon Perseorangan Pilkada Beltim

12 Mei Batas Akhir Penyerahan Syarat Calon Perseorangan Pilkada Beltim

--

BABELPOS.ID, MANGGAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Kabupaten Belitung Timur melansir tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk jalur perseorangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur dengan syarat dukungan masyarakat sebanyak minimal 9.580 elektronik Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP dan form surat dukungan warga.

BACA JUGA:Kembali Berulah, Iwang Residivis Narkoba di Pangkalpinang Ditangkap Satres Narkoba Polresta Pangkalpinang

"Beltim itu jumlah pemilih yang terdaftar dalam dpt (daftar pemilih tetap) yang memenuhi syarat 95.791 jiwa, jadi minimal dukungan 9.580 atau minimal 10 persen dan tersebar di minimal 4 kecamatan dari 7 kecamatan yang ada di Beltim," ujar Anggota KPU Divisi Teknis, Iskandar, Selasa 7 Mei 2024.

BACA JUGA:Pegawai Kantor Imigrasi Tanjungpandan terima Jusuf Adiwinata Award 2024

Ia menjelaskan, dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 2 tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024 disebutkan persyaratan calon perseorangan.

BACA JUGA:Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G, Superior untuk Game, Harga Terjangkau

Calon perseorangan tersebut wajib memenuhi syarat dukungan e-KTP dan dikumpulkan untuk mendaftar sebagai pasangan calon yang akan berlangsung pada Agustus 2024 dan itu jadwal pendaftaran perseorangan akan sama dengan yang diusung oleh calon yang diusung parpol.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

"Itu mesti memenuhi dukungan syarat calon sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Wali Kota dan Bupati beserta wakil," katanya.

Menurutnya, penyampaian persyaratan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi pendidikan pemilih terkait dengan penyampaian lebih awal syarat dukungan bagi pasangan calon yang akan maju melalui jalur perseorangan.

BACA JUGA:Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

Sesuai aturan perundang-undangan calon perseorangan wajib memenuhi syarat dukungan dari jumlah penduduk yang memiliki hak pilih yang tercantum pada DPT pada Pemilu 2024 di daerah Beltim

Mengenai teknis pengambilan akun bagi bakal calon perseorangan, kata dia, KPU Beltim sejauh ini sudah membahas itu dan agar balon perseorangan datang ke KPU Beltim untuk koordinasi kaitan cabup dan cawabup perseorangan denganya,  karena saat ini sudah masuk dalam tahap sosialisasi dan jadwal penyerahan syarat dukungan paslon perseorangan yakni dari 8 Mei sampai 11 Mei 2024.

BACA JUGA:Begini Kelebihan Motor Listrik Honda, di Babel Ada Diskon Hingga Jutaan Rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: