Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi Provinsi Kep.Bangka Belitung April 2024

Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi Provinsi Kep.Bangka Belitung April 2024

--

BABELPOS.ID, - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami inflasi _y-on-y_ sebesar 1,93 persen dan inflasi _m-to-m_ sebesar 0,54 persen dengan IHK 104,60. Andil inflasi _y-on-y_ utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (skm), dan angkutan udara. Sementara itu andil inflasi _m-to-m_ utamanya disumbang komoditas angkutan udara, bawang merah, dan cumi-cumi.

• *Tanjung Pandan* tercatat mengalami inflasi _y-on-y_ sebesar 3,00 persen dan inflasi _m-to-m_ sebesar 1,43 persen dengan IHK 106,50. Andil inflasi _y-on-y_ utamanya disumbang oleh komoditas beras, angkutan udara, dan sigaret kretek mesin (skm). Sementara itu andil inflasi _m-to-m_ utamanya disumbang oleh komoditas angkutan udara, bawang merah, dan kangkung. 

BACA JUGA:M. Jusuf Kalla Lakukan Kunjungan Kerja Ke Negeri Serumpun Sebalai

• *Kabupaten Bangka Barat* tercatat mengalami inflasi _y-on-y_ sebesar 1,36 persen dan inflasi _m-to-m_ sebesar 0,08 persen dengan IHK 103,05. Andil inflasi _y-on-y_ utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (skm), dan tahu mentah. Sementara itu andil inflasi _m-to-m_ utamanya disumbang oleh komoditas bawang merah, udang basah, dan ikan kembung.

• *Kabupaten Belitung Timur* tercatat mengalami inflasi _y-on-y_ sebesar 0,78 persen dan inflasi _m-to-m_ sebesar 0,29 persen dengan IHK 104,11. Andil inflasi _y-on-y_ utamanya disumbang oleh komoditas beras, bawang putih, dan daging ayam ras. Sementara itu andil inflasi _m-to-m_ utamanya disumbang oleh komoditas bawang merah, cumi-cumi, dan sawi hijau.

BACA JUGA:Safrizal : Petani Memiliki Arti Penting Bagi Provinsi Ini Terutama Dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat

• *Kota Pangkal Pinang* tercatat mengalami inflasi _y-on-y_ sebesar 2,39 persen dan inflasi _m-to-m_ sebesar 0,57 persen dengan IHK 105,06. Andil inflasi _y-on-y_ utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (skm), dan angkutan udara. Sementara itu andil inflasi _m-to-m_ utamanya disumbang oleh komoditas angkutan udara, bawang merah, dan ikan tenggiri.

Nilai Tukar Petani (NTP)

April 2024

• *Nilai Tukar Petani (NTP)* naik 1,28 persen dengan indeks sebesar 130,45. Indeks harga yang diterima petani (It) sebesar 157,99 (naik 1,59 persen) disumbang oleh komoditas kelapa sawit, karet, dan kangkung sementara indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 121,11 (naik 0,31 persen) disumbang oleh komoditas bawang merah, daging ayam ras, dan bawang putih. 

• *Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP)* naik 1,62 persen dengan indeks sebesar 128,53.

• *Indeks Konsumsi Rumahtangga (IKRT)* naik 0,42 persen dengan indeks sebesar 120,70. Persentase peningkatan terbesar terjadi di kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,65 persen.

BACA JUGA:M. Jusuf Kalla Lakukan Kunjungan Kerja Ke Negeri Serumpun Sebalai

*Transportasi Angkutan Laut*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: