PLN Salurkan Bantuan TJSL Electrifiying Marine Kampung Nelayan Maju

PLN Salurkan Bantuan TJSL Electrifiying Marine Kampung Nelayan Maju

Simbolis Penyerahan Bantuan TJSL PLN Program Elektrifying Marine yang diserahkan oleh Senior Manager KKU PLN UIW Babel, Anton Wahyu Utomo (kanan), kepada PJ Bupati Belitung, Yuspian, S.Sos, M.I.R--

Dukung Program Kementerian Kelautan dan Perikanan

BABELPOS.ID, BELITUNG - PT PLN (Persero) salurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) program electrifiying marine dukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) untuk masyarakat Desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik, Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Program electrifiying marine  atau elektrifikasi dalam aktifitas kemaritiman ini merupakan salah satu program prioritas  TJSL PLN. Program electrifying marine merupakan layanan PLN untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan listrik pelanggan di pelabuhan, nelayan dan seluruh aktifitas disektor perikanan dan kelautan. 

BACA JUGA:Gelar Safety Riding Competition Regional, Honda Babel Lahirkan Duta #Cari_Aman dari Para Community

Cakupan layanan electrifying marine meliputi kebutuhan listrik kapal saat sandar di pelabuhan,mini coldstorage, serta kebutuhan tenaga listrik lainnya pada lokasi dermaga, pelabuhan, kegiatan nelayan dalam melakukan penangkapan ikan dan lokasi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:DPRD Babel Setujui Pemindahan Aset ke Polman

Desa Suak Gual yang terletak di Pulau Mandanao Kabupaten Belitung ini mayoritas masyaraktnya bekerja sebagai nelayan. Namun hasil tangkapan yang sedikit terkadang tidak bisa menutupi biaya operasional melaut dibandingkan dengan harga BBM yang mahal. Untuk meningkatan pendapatan nelayan maka biaya operasional perlu ditekan dan dibutuhkan juga alat tangkap dengan teknologi modern. 

BACA JUGA:FIFA Selidiki Keputusan Wasit yang Merugikan Timnas. Gianni: Jangan Jadi Sarang Mafia

PLN hadir memberikan bantuan TJSL Berupa alat tangkap nelayan seperti, bubu, perahu fiber dan mesin perahu listrik untuk nelayan. Mesin perahu listrik ini selain dapat menghemat biaya melaut para nelayan karena tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil juga berkontribusi menjaga dampak lingkungan karena mengurangi emisi karbon.

BACA JUGA:DPRD Babel Setujui Pemindahan Aset ke Polman

Kepala Desa Suak Gual, Haerudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Suak Gual merupakan salah satu pilot project program Kalaju dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, sehingga bantuan TJSL PLN ini sangat membantu sekali untuk mewujudkan program yang digagas kementerian ini.

BACA JUGA:DPRD Babel Setujui Pemindahan Aset ke Polman

“Saya mewakili masyarakat nelayan Desa Suak Gual menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan PLN berupa teknologi alat-alat tangkap ikan modern seperti mesin listrik ini, tentunya kami percaya bantuan ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan kami," sebut Haerudin dalam siaran pers yang diterima Babel Pos, Rabu (1/5/2024). 

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Kenal Pamit Kepala Divisi Administrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: