Jaga Kebersihan dan Kesehatan, Lapas Narkotika Pangkalpinang Bersih-bersih Lingkungan

Jaga Kebersihan dan Kesehatan, Lapas Narkotika Pangkalpinang Bersih-bersih Lingkungan

Salah Satu Agenda Memperingati Hari Bhakti Ke-60 ,Lapas Pangkalpinang Kelas IIA Melakukan Kegiatan bersih-bersih di lingkungan lapas dan Pemeriksaan Kesehatan Warga Binaan Lapas --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel menggelar kegiatan bersih-bersih lingkungan Lapas dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (19/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024.

BACA JUGA:Terjerat Tipikor Timah, Kejagung Telusuri Kekayaan Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Kegiatan dimulai selepas apel pagi dengan membersihkan tempat MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan drainase di lingkungan blok kamar hunian warga binaan dan area sekitar kantor. Seluruh petugas dan warga binaan turut serta dilibatkan dalam kegiatan ini, dimana petugas membersihkan drainase atau saluran air dan tempat sampah di area lingkungan kantor dan warga binaan membersihkan kamar hunian, tempat MCK, drainase dan tempat sampah di masing-masing kamar hunian dan di lingkungan blok hunian.

BACA JUGA:Rayakan Lebaran Sembari Bertugas, Pj Wako Lusje Ucap Syukur

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas yang dilaksanakan di Klinik Pratama Lapas Narkotika Pangkalpinang. Pemeriksaan kesehatan dilakukan diantaranya meliputi pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kolesterol dan gula darah.

BACA JUGA:Percepat Target Penurunan Stunting di Babel, Pj Ketua TP PKK Pimpin Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyuluhan kesehatan oleh petugas dari UPTD Puskesmas Selindung, yang terdiri dari dr. Dimas Maulana Agustian (Dokter Umum), Lisa Fitriyani (Bidan) dan Wahyu Saputra (Pranata Laboratorium Kesehatan). Adapun materi penyuluhan kesehatan yang diberikan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

BACA JUGA:HAKLI Bangka Terus Berupaya Tekan DBD di Kabupaten Bangka, Abate Dibagikan Gratis ke Warga

"Kegiatan bersih-bersih lingkungan lapas yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan ini menjadi salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, yakni Pemasyarakatan Sehat," ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono disela-sela kegiatan.

BACA JUGA:Rayakan Lebaran Sembari Bertugas, Pj Wako Lusje Ucap Syukur

Nur mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan lingkungan di Lapas. Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan sekaligus deteksi dini dari kondisi kesehatan yang dimiliki dari setiap warga binaan.

BACA JUGA:Terjerat Tipikor Timah, Kejagung Telusuri Kekayaan Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Melalui kegiatan ini, Kalapas berharap dapat menjadi upaya bersama dalam menjaga dan menciptakan kondisi lingkungan lapas yang senantiasa bersih, sehat dan nyaman serta dapat meningkatkan kesadaran dari petugas maupun warga binaan dalam menjaga kebersihan lingkungan lapas.

BACA JUGA:Malam Penutupan Basel Bekecak Sisakan 4 Ton Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: