Lebaran, Pahami Ya, Masakan Bersantan Jangan Dipanas Berulang, Ini Efeknya

Lebaran, Pahami Ya, Masakan Bersantan Jangan Dipanas Berulang, Ini Efeknya

Berbagai masakan lebaran. --Foto: ist

BABELPOS.ID - Makanan yang bersantan sebaiknya tidak dipanaskan secara berulang karena kandungan gizinya bisa berubah dan dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi.

"Kalau makanan bersantan dipanaskan berulang kali, maka lemak di dalamnya akan jadi trans-fat (lemak trans), yang tidak baik untuk kesehatan kita," kata Dokter spesialis ilmu gizi klinik, dr. Fitri Tyas Windrarti, Sp.GK dikutip Antara, Sabtu (6/4).

BACA JUGA:Ini 18 Ide Ucapan Idul Fitri 1445 H untuk Kamu

BACA JUGA:Tips Mengelola Uang THR Agar Lebih Bermanfaat

Menurut informasi di laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia WHO, lemak trans atau asam lemak trans adalah asam lemak tak jenuh yang dapat menyumbat arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan kematian.

Fitri menjelaskan, makanan bersantan seperti opor, rendang dan gulai daging yang dipanaskan secara berulang kadar lemak jahatnya akan meningkat sehingga dapat menimbulkan risiko serangan penyakit jika dikonsumsi.

Menurut dia, pemanasan makanan secara berulang juga membuat tekstur makanan rusak dan berpotensi menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan diare.

BACA JUGA:Mau Makan Enak Saat Lebaran Tanpa Khawatir Masalah, Ini Tipsnya

BACA JUGA:Rutin Minum Obat Hipertensi Tak Sebabkan Gagal Ginjal

Fitri menyarankan para ibu selama Lebaran memasak makanan sesuai kebutuhan keluarga sehingga bisa sekali habis.

"Memang lebih repot, tapi lebih baik kalau mau jaga kesehatan kita masak dalam porsi sekali habis saja, karena makanan bersantan tidak disarankan dipanaskan berulang. Jadi kita harus kira-kira satu kali makan berapa porsi, sehingga besok masak yang baru," katanya.

Lulusan Universitas Hassanudin yang kini bekerja di Rumah Sakit Permata Bekasi itu menekankan pentingnya menyiapkan makanan sehat dengan gizi seimbang bagi keluarga pada perayaan Idul Fitri.

BACA JUGA:Ini Masalah Kulit saat Berpuasa di Cuaca Ekstrem

BACA JUGA:Jalan Tanpa Alas Kaki? Ini Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: