Berkelakuan Baik, 323 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Terima Remisi Hari Raya Idulfitri 2024 Hijriah

Berkelakuan Baik, 323 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Terima Remisi Hari Raya Idulfitri 2024 Hijriah

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGLapas Pangkalpinang Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung terus membuktikan komitmen dalam memberikan pembinaan bagi Warga Binaannya. Terbukti dengan diterimanya Remisi Khusus (RK) dan Pengurangan Masa Pidana (PMP) bagi 323 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang yang beragama Islam, Rabu (10/4/2024).

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Pastikan Ketersediaan LPG di Pulau Belitung Aman

RK dan PMP yang diberikan Pemerintah melalui Kemenkumham RI ini merupakan wujud nyata dari sikap Negara sebagai reward kepada Warga Binaan yang senantiasa selalu berusaha berbuat baik. Momen ini juga bertepatan dengan hari raya Idulfitri 1 Swayal 1445 Hijriah. 

BACA JUGA:159.557 Narapidana dan Anak Binaan Muslim Terima Remisi dan Pengurangan Masa Pidana Khusus Idulfitri 1445 H

Pada acara pemberian RK Idulfitri Tahun 2024, Kalapas Pangkalpinang, Badarudin, membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly. Ia menyampaikan bahwa Menkumham mengucapkan selamat hari raya Idulfitri kepada seluruh umat Islam di Indonesia dan juga terkhusus kepada seluruh hadirin dan segenap Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama Islam.

BACA JUGA:Penghujung Ramadhan, Bangka Darurat Militer, Timah Macet, Akal Busuk Belanda gagal!

Badarudin juga menyampaikan, perayaan Idulfitri sebagai hari raya kemenangan bagi seluruh Warga Binaan yang beragama Islam. Warga Binaan telah mengikuti serangkaian kegiatan pembinaan di bulan Ramadan. Pada hari ini Warga Binaan telah meraih kemenangan karena selama sebulan penuh telah berhasil melawan hawa nafsu dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan tekun menjalankan amalan ibadah pada bulan Ramadan.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Serahkan Remisi Idul Fitri 1445 H di Lapas Sungailiat

Badarudin mengatakan, perayaan Idulfitri ini juga bertepatan dengan  pemberian RK dan Pengurangan Masa Pidana (PMP) khusus sebanyak 159.557 orang, yang terdiri dari 158.343 orang dengan rincian, 157.366 orang mendapat RK I (pengurangan sebagian) dan 977 orang mendapat RK II (langsung bebas). Sementara itu, sebanyak 1.214 Anak Binaan mendapatkan PMP Khusus dengan rincian 1.195 orang mendapat PMP I (pengurangan sebagian) dan 19 orang mendapat PMP II (langsung bebas).

Diakhir sambutan, Badarudin menyampaikan bahwa Menkumham memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Petugas Pemaskyarakatan di seluruh Lapas/Rutan/LPKA yang telah menjalankan tugas dan kewajiban dalam melaksanakan pembinaan kepada Warga Binaan dengan keterbatasan yang ada.

BACA JUGA:Salat Idulfitri 1445 H, Bupati Algafry Ajak Jemaah Tingkatkan Iman dan Taqwa

Setelah itu, Kalapas Badarudin memberikan Surat Keputusan RK dan PMP hari raya Idulfitri Tahun 2024 secara simbolis bagi 323 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang yang berkelakuan Baik. Sesuai dengan Keputusan Menkumham RI Nomor PAS-570-574-577-598.PK.05.04 Tahun 2024, tanggal 10 April 2024 Tentang Pemberian RK Idulfitri 1445 H Tahun 2024.

“Remisi yang diterima mulai 15 hari sampai 2 bulan, RK 1 berjumlah 318 orang, RK 2 berjumlah 5 orang dan langsung bebas,” ungkapnya.

BACA JUGA:709 Warga Binaan Lapas Narkotika Pangkalpinang Terima Remisi Idul Fitri 1445 Hijriyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: