Mau Makan Enak Saat Lebaran Tanpa Khawatir Masalah, Ini Tipsnya

Mau Makan Enak Saat Lebaran Tanpa Khawatir Masalah, Ini Tipsnya

Ilustrasi menu lebaran. --Capture

BABELPOS.ID - Hidangan lebaran yang beragam dan enak-enak tentu menggoda untuk menikmatinya. Namun dibalik keinginan itu terselip kekhawatiran akan efek mengonsumsi makanan yang identik dengan lemak dan kolesterol itu.

Nah, kini ada tidak perlu khawtir dengan mengikuti tips Dokter spesialis penyakit dalam Prof. Dr. dr. Ari Fachrial Syam Sp.PD KGEH, tentang kiat tetap bisa makan enak saat lebaran tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan.

"Kalau dirasa sensitif makan obat penekan asam lambung pagi hari setengah jam sebelum makan, bukan antasida," kata Ari dikutip Antara, Kamis (27/3).

 BACA JUGA:Lebaran Haji Banyak Daging Kambing, Olah Sehat dengan 5 Cara Ini

BACA JUGA:Suami Sandra Dewi Tersangka Tipikor Timah, Warganet Sasar 'Kamar' Dewi Sandra

Ia mengatakan, masalah pencernaan bisa disebabkan karena asam lambung yang meningkat sehingga menyebabkan perut menjadi perih.

Selain obat penekan asam lambung, Ari menyarankan untuk mengonsumsi suplementasi yang mengandung enzim untuk menghindari diare.

Saat makan banyak dan bermacam jenis, pankreas dipaksa untuk bekerja keras sementara enzim pencernaan yang belum terisi penuh bisa menyebabkan masalah diare setelah makan.

"Kalau mau makan macam-macam beli saja tablet enzim pencernaan karena bisa saja pankreas yang istirahat jadi bekerja keras, enzimnya belum tersedia lengkap di situ timbullah diare, ini juga ada obat anti kembungnya, kalau makan berlebih kan proses gas juga meningkat," katanya.

BACA JUGA:Perut Anda Berlemak Setelah Lebaran, Hilangkan dengan Cara Ini

BACA JUGA:Setelah Santap Lebaran, Sehatkan dengan Minum Ini

Tips lainnya yang tak kalah penting namun sering dilupakan orang adalah mengunyah makanan sebanyak 32 kali.

Selain mengikuti anjuran Nabi Muhammad, mengunyah sebanyak 32 kali dapat memberikan sinyal kepada otak untuk menahan suapan berikutnya sehingga makan jadi tidak terburu-buru.

Hal ini juga memberikan kesempatan pada lambung dan usus 12 jari untuk memproses makanan secara perlahan yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: