Miliki 42 Perpustakaan Desa, Pemkab Bangka Tengah Akab Beri Pelatihan ke Pustakawan

Miliki 42 Perpustakaan Desa, Pemkab Bangka Tengah Akab Beri Pelatihan ke Pustakawan

Algafry Rahman, Bupati Kabupaten Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, KOBA - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah (DKP Bateng) mencatat ada 42 Perpustakaan Desa/Kelurahan yang tersebar di 6 Kecamatan di Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menilai pustakawan memiliki peran penting dalam menarik minta baca masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan.

"Pustakawan ini diharapkan bisa tampil menarik dalam melayani orang lain serta memiliki kepribadian menarik, nanti akan kita beri pelatihan," tuturnya.

BACA JUGA:Miss Hijab Honda Kini Jadi Ajang Pencarian Bakat, Honda Babel Pilih Miss Hijab Stylo 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Elly Irsyah mengatakan saat ini ada 42 perputakaan Desa/Kelurahan di Bangka Tengah.

"42 perpustakaan ini memang ada yang aktif dan tidak, namun tiap tahun kita tetap ada pembinaan, dalam setahun bisa 2 hingga 3 kali pembinaan perpustakaan desa dan kelurahan," ucapnya, Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA:Polsek Belinyu Ringkus Dua Pencuri yang Beraksi di Delapan TKP

"Kita juga sudah mengusulkan, agar ada penambahan perpustakaan di setiap Desa dan Kelurahan," sambungnya.

Kata Elly, sebanyak 42 perpustakaan ini tersebar di 6 Kecamatan di Bangka Tengah.

"42 perpustakaan paling banyak di Kecamatan Pangakan Baru ada 9, kemudian 9 perpustakaan di Koba, paling sedikit di Kecamatan Namang 3 perpustakaan dan Lubuk Besar 7, juga ada di Sungaiselan dan Simpang Katis," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: