8 Alasan Mengapa Harus Konsumsi Kurma saat Buka Puasa

8 Alasan Mengapa Harus Konsumsi Kurma saat Buka Puasa

Ilust--

SATU satu buah yang mudah ditemui dan menjadi ciri khas saat bulan Ramadan adalah kurma. Buah yang satu ini dikenal dengan rasanya yang manis dan memiliki segudang manfaat karena terdiri dari beragam kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh ketika berpuasa.

Konsumsi kurma saat berbuka puasa juga dianjurkan untuk menambah energi setelah seharian berpuasa. Kandungan gulanya juga terbilang aman karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

8 Alasan Mengapa Harus Konsumsi Kurma saat Buka Puasa

Kurma bisa dijadikan sebagai kudapan alami yang kaya akan sumber serat. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin A dan potasium yang tinggi sehingga baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Simak alasan mengapa penting mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa, berikut ini:

1. Meningkatkan Energi

Saat berpuasa seharian, tentunya wajar jika tubuh Anda merasa lemas. Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Dilansir dari International Journal of Food Sciences and Nutrition, mengkonsumsi kurma dapat membantu Anda dalam mendapatkan kembali energi yang hilang selama beraktivitas.

2. Meringankan Gangguan Pencernaan

Kurma mengandung asam amino dan serat yang dapat membantu merangsang pencernaan makanan serta memastikan prosesnya berlangsung maksimal. Terlebih lagi saat berpuasa, Anda lebih rentan terkena sembelit. Kurma yang kaya akan serat juga membantu memulihkan gangguan cerna, seperti wasir, GERD, dan juga diverticulitis.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan potasium pada kurma sangatlah tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Kemudian, kurma juga dapat mengurangi stress oksidatif dan kadar trigliserida yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit jantung.

4. Mengatasi Anemia

Kurma merupakan salah satu buah yang mengandung zat besi tinggi. Pasalnya, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia yang ditandai dengan pusing, kelelahan, hingga kulit yang pucat. Dengan mengkonsumsi kurma, gejala anemia dapat menjadi ringan dan puasa menjadi lancar.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Saat berpuasa, Anda seringkali hilang fokus karena kurang cairan maupun energi. Untuk lebih fokus saat beraktivitas, Anda bisa rutin mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Hal ini karena kurma mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan serta stress oksidatif pada otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: