2 Kali Pemilu, Partai Demokrat Pertahankan Suara Tertinggi Dapil 1

2 Kali Pemilu, Partai Demokrat Pertahankan Suara Tertinggi Dapil 1

Wendy--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Raihan suara tertinggi Dapil 1 DPRD Bangka Selatan (Basel) Pemilu 2024 masih dipegang oleh Partai Demokrat. Ini berarti partai besutan SBY ini mempertahankan posisi yang diraih pada pemilu 2019.

Peralihan suara tertinggi ini terlihat setelah selesainya rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel di Hotel Marina selama dua hari, 02 - 03 Maret 2024.

Perbandingan suara Partai Demokrat pada pemilu 2024 menurun dibandingkan 2019, namun suara pribadi Caleg justru meraih suara tertinggi. 

BACA JUGA:Curhatan Petugas KPPS di Pangkalpinang,

BACA JUGA:Melenggang ke DPRD Provinsi, Ferry Cetak Sejarah Partai Nasdem Basel

Dari data pemilu 2019 raihan suara partai Demokrat sebesar 265, sedangkan Wendy memperoleh raihan tertinggi di Dapil 1 dengan jumlah 1.517 suara.

Untuk pemilu 2024, Wendy memang tidak lagi mencalonkan diri lagi, tetapi raihan suara tertinggi didapat oleh Caleg baru, Suwandi dengan perolehan 2.056 suara, sedangkan suara partai terjadi penurunan yakni hanya 220 suara.

Kendati meraih suara tertinggi, kursi ketua DPRD Basel masih dipegang oleh PDIP, pasalnya partai besutan Megawati Soekarnoputeri itu berhasil mengirimkan 6 perwakilan calegnya ke DPRD Kabupaten Basel. Sementara Demokrat masih tetap dengan 4 perwakilannya.

BACA JUGA:Calegnya Terpilih di DPRD Babel, Dua Pria Ini Aksi Jalan Kaki Pudingbesar ke Sungailiat

BACA JUGA:Lagi, Wakil Demokrat di DPRD Pangkalpinang Datang dari Kalangan Pedagang Pasar, Ini Sosoknya

Atas peraihan ini Sekretaris DPC Partai Demokrat Basel Wendy menyampaikan, sangat bersyukur sekali dengan raihan suara terbanyak di Dapil 1.

"Bersyukur sekali, masih diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk mewakili dalam menyampaikan aspirasinya," sebutnya, Senin (04/03).

Ditanya apakah kursi wakil pimpinan DPRD dari Demokrat, Wendy menyebutkan, masih perlu bermusyawarah. Kendati Suwandi meraih suara tertinggi diantara Caleg Demokrat yang terpilih, namun dia masih baru, sehingga petahana yang terpilih kembali bisa jadi menjadi wakil pimpinan.

"Doakan saja semuanya berjalan dengan lancar, kami semua tetap amanah untuk rakyat, serta tidak ada euforia yang berlebihan sembari menunggu penetapan dari KPU," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: