Timah Lesu, Ekonomi Babel Melempem

Timah Lesu, Ekonomi Babel Melempem

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Angka pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung (Babel) triwulan III tahun 2023 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat tumbuh 4,01 persen (yoy), hal ini menurun dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,13 persen (yoy).

Melempem perekonomian Babel tak lepas dari lesunya sektor pertambangan timah. Sebab, hingga saat ini komoditas timah sebagai tulang punggung dan pendorong pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Bidik 3,7 juta Pelaku UMKM, BRI Targetkan Penyaluran KUR Rp165 Triliun Rampung Pada September 2024

Dari siaran pers yang diterima Babel Pos, harga rata-rata timah dunia dari London Metal Exchange (LME) yang mengalami penurunan signifikan di tahun 2023 sebanyak 17,2 persen jika dibandingkan tahun 2022. Rata-rata tahun 2022 sebesar US$31.382, sedangkan tahun 2023 sebesar US$25.972.

Seperti yang disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bangka Belitung (UBB), Devi Valeriani. Ia melihat, timah merupakan dominator terbesar dalam penentu fluktuasi pertumbuhan ekonomi Babel. Hal ini terlihat dari sejarah pertumbuhan ekonomi, sedikit sentimen terhadap penurunan harga komoditas timah akan menimbulkan gelombang pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Dapat Bantuan Mesin Robin dari Bambang Patijaya, Petani: Berkebun Jadi Gampang & Hemat

"Pertumbuhan ekonomi Babel hampir 80 persen masih didorong oleh konsumsi. Masyarakat yang bekerja secara langsung maupun tidak langsung terhadap aktivitas penambangan timah, pasti akan terdampak secara ekonomi," kata Devi, Jumat (18/1).

"Tentunya penurunan harga tersebut akan memberikan dampak arus pendapatan yang diterima masyarakat yang berujung terhadap kemampuan konsumsi ataupun daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah," jelas Devi.

BACA JUGA:Aceng Nekad, Simpan Ganja Bukan Kelas Linting, Tapi 3 Kg

Menurut Devi, pertumbuhan ekonomi Babel di triwulan III 2023 masih ditopang oleh lapangan usaha (LU) Konstruksi, LU Pertanian, dan LU Industri Pengolahan. Sementara sektor yang melemah dari turunnya harga timah, antara lain perdagangan besar dan eceran, sektor pariwisata, sektor industri pengolahan dan dapat melebar ke sektor konstruksi serta pertanian dan perikanan.

"Dari sisi permintaan, perekonomian Babel ditopang oleh seluruh komponen pengeluaran yang tumbuh positif, kecuali komponen ekspor dan impor. Ekspor utama babel adalah 60 persennya komoditas timah, maka terlihat ketika ekspor timah mengalami penurunan juga akan memberikan perlambatan pada pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Iklan Kampanye di Media Massa, KPU Gelar Sosialisasi Bersama Rekan Pers

Untuk mengantisipasi agar perekonomian Babel tidak lagi bergantung dari komoditas timah, menurut Devi perlu adanya sumber pertumbuhan dari ekonomi baru yang memanfaatkan potensi alam lainnya, seperti sektor pariwisata.

"Pilihan saat ini sektor pariwisata menjadi andalan untuk pengembangan ekonomi daerah selanjutnya, dengan menyandang status sebagai wilayah kepulauan maka pemanfaatan Blue Economu sangat dimungkinkan." ujar Devi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: