Ini Cara Inspektorat Basel Tingkatkan Kualitas Pengawasan Desa

Ini Cara Inspektorat Basel Tingkatkan Kualitas Pengawasan Desa

Sosialisasi Siswaskeudes oleh Inspektorat Basel.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Inovasi pengawasan dalam sistem keuangan memang diperlukan di era serba digital, salah satunya dengan menerapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES) di Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Inspektorat dan Diskominfo berkolaborasi menerapkan Siswakeudes secara online.

Hal ini disampaikan oleh Inspektur Inspektorat PD Marpaung pada Selasa (16/01).

"Ada lima puluh desa se Basel dan disaat yang sama kami Inspektorat harus melakukan pembinaan dan pengawasan ke masing-masing desa, tentunya memang dibutuhkan suatu inovasi yang bisa mengcover semuanya," sebutnya.

BACA JUGA:Desa Bikang Punya Masjid Baru, Kades; Alhamdulillah Cita - Cita Saya Tercapai

BACA JUGA:Malam Ramah Tamah Aik Bakung, Ini Program untuk Desa Jelutung II

Salah satunya melalui Siswakeudes ini, yang bisa melakukan pengawasan keuangan di tiap - tiap desa secara online serta cepat.

"Tentunya akan membuat pekerjaan ini lebih cepat serta efisien dan harapan akhir tentu saja agar pengelolaan keuangan desa lebih berkualitas, akuntabel maupun lebih efektif," tandasnya.

BACA JUGA:Peduli Stunting, 50 Anak Desa Rias Dapat Bantuan Polres Basel

BACA JUGA:Karena Ini, Rias dan Tanjung Ketapang Dipilih Jadi Desa Bersinar

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Basel Yuri Siswanto menyebutkan, penerapan Siswaskeudes ini tentu tidak akan terlepas dari Siskeudes yang sudah terlebih dahulu dioperasikan oleh Dinas Pemdes. 

"Kedua sistem informasi ini akan segera kita integrasikan sehingga pelaksanaan pengawasan keuangan desa oleh teman - teman inspektorat lebih mudah dan efisien," sebutnya.

BACA JUGA:2 Desa di Basel Terapkan Program Mamah Papah

BACA JUGA:Aik Bakung ke Desa Serdang, Bupati Riza Jaring Aspirasi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: