Buka Kuota 548 Pengawas TPS Bateng, Pendaftar Capai 718 Orang

Buka Kuota 548 Pengawas TPS Bateng, Pendaftar Capai 718 Orang

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Marhaendra Yuliansyah--

BABELPOS.ID, KOBA - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) resmi menutup rekrutmen pengawas TPS se-Kabupaten Bangka Tengah, bahkan pendaftar melebihi kuota, yakni 718 dari kebutuhan 548 pengawas.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah mengucapkan terimakasih atas semangat warga Bangka Tengah bergabung menjadi Pengawas TPS di Kabupaten Bangka Tengah. 

BACA JUGA:Bawaslu Basel Cek Langsung Pergeseran TPS di Batu Betumpang

"Alhamdulillah dan terimakasih atas semangat sahabat Bawaslu yang ingin bergabung menjadi pengawas TPS di Bangka Tengah," ujarnya, Senin (8/1/2024).

Dikatakan Marhaendra, dalam perekruten Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang paling dicari adalah profesionalitas, integritas, dan tidak terlibat dengan Partai Politik.

"Akan menjadi nilai tambah, apabila pendaftar memiliki pengalaman dalam kepemiluan dan memiliki keinginan yang kuat menjadi pengawas," tuturnya.

BACA JUGA:KPU Pangkalpinang Simulasi Hari Pungut Hitung, Harap Petugas TPS Paham

Kata Dia, untuk mengecek para pendaftar tidak terlibat dengan Partai Politik, pihaknya selalu melakukan pengecekan di Sipol.

"Ada dua kemungkinan, dimana kami juga tidak akan menutup hak mereka, karena Parpol ini ada yang baru, jadi merekrut yang bersangkutan tanpa diketahui orangnya, jadi kita lakukan verifikasi langsung ke Parpol yang bersangkutan dan mereka ini harus membuat pernyataan tidak terlibat dengan Parpol dalam kurun waktu 5 tahun," terangnya.

BACA JUGA:KPU Basel Terima 5 Permintaan Pindah TPS

Lebih lanjut, ia menuturkan total pendaftar dari tanggal 2 hingga 6 Januari 2024, tercatat 718 orang mendaftar, dimana kuota yang dibutuhkan sebanyak 548 pengawas TPS.

"Pendaftaran sudah kita buka sejak tanggal 2 dan berakhir pada 6 Januari 2024 kemarin" tuturnya.

BACA JUGA:Kasus Covid-19 di Bateng Aman, Vaksin Bakal Berbayar?

Dikatakan Marhaendra, rekapitulasi pendaftar PTPS se-Kabupaten Bangka Tengah yakni Kecamatan Simpangkatis laki-laki ada 45 orang, perempuan ada 43 orang, total 88 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: