328 Peserta Ikuti Pembukaan LATGAB Paskibra Tingkat SMA/SMK/MAN

328 Peserta Ikuti Pembukaan LATGAB Paskibra Tingkat SMA/SMK/MAN

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pangkalpinang kembali menyelenggarakan Latihan Gabungan (Latgab) Paskibra Sekolah yang diikuti oleh anggota paskibra sekolah Tingkat SMA/SMK/MAN se-Pangkalpinang.

Latgab dibuka resmi pada Jumat (5/1), bertempat di halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang. Diikuti sebanyak 328 peserta, Latgab mengusung tema “Membentuk Paskibra Sekolah yang mempunyai SDM Berkarakter Unggul, Kuat dan Berintelektual Tinggi”.

BACA JUGA:Tipikor Timah, ASABRI Lewat! Diduga Tersangka dari BUMN-Swasta, Tuntutan Bisa Hukuman Mati?

Hadir membuka Latgab 2024, Asisten 1 Setda Pangkalpinang Ahmad Subekti, didampingi Kepala Badan Kesbangpol Pangkapinang Donal Tampubolon, Kabid Ideologi dan Wasbang Marini, M.Si serta dihadiri para undangan Polresta Pangkalpinang, Kodim 0413 Bangka, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pangkalpinang dan Bangka Tengah, Pengurus PPI Pangkalpinang, Kakak-Kakak Senior serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ahmad Subekti, M.Si mewakili PJ. Walikota menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam pembukaan latihan gabungan ini merupakan putra-putri terbaik dari sekolah tingkat SMA/SMK/MAN yang ada di Pangkalpinang.

BACA JUGA: Serah Terima Dhuaja Satbrimobda Babel, “Satya Dhira Brata“

"Calon kader pemimpin bangsa yang akan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan sebelum melalui tahapan proses seleksi Paskibraka untuk tahun 2024 ini," jelasnya.

Ia berharap, Latgab menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antar peserta, menumbuhkan jiwa kompetitif, menambah pengalaman dan belajar bersosialisasi sehingga melalui tahapan latihan gabungan ini diharapkan akan terpilih untuk calon Paskibraka tahun 2024 yang akan mewakili Tingkat Kota Pangkalpinang, Tingkat Provinsi atau Tingkat Nasional.

BACA JUGA:Kelambit Polres Bangka Seret Jambret 8 TKP

Terkait dengan pembukaan latihan gabungan ini juga, Donal Tampubolon menyambut sangat positif kegiatan ini dan diharapkan para peserta dapat mengikuti proses selama kegiatan dengan baik sebelum seleksi Paskibraka Tahun 2024 dimulai.

"Karena proses seleksi Paskibraka tahun 2024 masih menunggu infomasi dari BPIP RI terkait Petunjuk Teknis pelaksanaannya begitupun untuk Paskibraka tahun 2023 yang lalu akan bertugas untuk Pengibaran di hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2024. Tapi pada intinya Kesbangpol Kota Pangkalpinang siap untuk dalam proses pelaksanaannya agar dapat terlaksana dengan baik," katanya.

BACA JUGA:Sibuk Mondok, Santri Asal Perlang Terima Alat Sekolah

Ketua PPI Pangkalpinang, Dr. Rio Armanda Agustian mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Pangkalpinang dan seluruh jajaran yang sudah sangat support dan membantu dalam berbagai kegiatan Paskibraka di Pangkalpinang. "Tentunya hal positif tetap harus terus diteruskan sehingga kegiatan paskibraka dapat terlaksana dengan baik," ujarnya, lewat siaran pers yang diterima Babel Pos.

"Kami dari PPI juga mohon arahan dan masukan serta sinergi, kolaborasi, konsultasi dalam pelaksanaan kedepan kedepan nantinya. Begitupun untuk para peserta nantinya hasil dari latihan ini dapat diaktualisasikan untuk pengembangan paskibra sekolah di sekolahnya masing-masing," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: