Rudianto Tjen Harap Layanan Kesehatan Warga Terjamin

Rudianto Tjen Harap Layanan Kesehatan Warga Terjamin

Rudianto Tjen Saat di Depan Warga.-screnshoot -

ANGGOTA DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Ir. Rudianto Tjen berharap masyarakat dengan ekonomi lemah di Babel bisa mendapatkan jaminan akses pelayanan kesehatan terbaik. Salah satunya dengan terdaftar dalam program BPJS Kesehatan oleh pemerintah. 

--------------

MENGENAI hal tersebut, Rudi sebagai legislator di tingkat pusat secara konsisten akan terus memperjuangkan agar kuota kepesertaan BPJS Kesehatan untuk masyarakat tidak mampu di Babel terus bertambah.

Menurutnya, program tersebut untuk menghindari beban dan kesulitan pembiayaan yang dihadapi masyarakat saat sakit. Pasalnya, masyarakat yang tidak mampu membayar iuran ditanggung atau disubsidi oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Supaya kita semua terbantu oleh pengobatan secara gratis yang diadakan pemerintah," kata Rudi saat menggelar reses di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (2/1/2024) kemarin.

BACA JUGA:Rudianto Tjen Ingin Kader PDIP Jadi Pelopor Ciptakan Pemilu Bersih

Di lain sisi, Rudi juga mengapresiasi pemerintah daerah karena jumlah cakupan presentase Universal Health Coverage (UHC) di Babel sudah melampaui target sebesar 98 persen.

Berdasarkan data sampai dengan 1 Oktober 2023, cakupan peserta JKN di Provinsi Bangka Belitung sudah mencapai 98,08 persen atau 1.461.862 jiwa dari total 1.490.418 jumlah penduduk. 

Perlu diketahui, UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: