Jangan Pakai Kosmetik Kadaluarsa, Ini Akibatnya

Jangan Pakai Kosmetik Kadaluarsa, Ini Akibatnya

Ilustrasi kosmetik --(ist)

BACA JUGA:Masker Alpukat Bagus Buat Kulit, Begini Cara Membuatnya

Risiko lainnya yakni infeksi kulit. Dermatolog dari Schweiger Dermatology Group, Philadelphia, Michele Farber, MD, FAAD, menuturkan kosmetik berbahan dasar air seperti alas bedak dapat menjadi media bagi bakteri untuk tumbuh.

Produk yang kedaluwarsa dapat menyebabkan infeksi kulit seperti folikulitis, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Infeksi mata juga dapat terjadi karena banyak produk riasan yang digunakan di sekitar area mata seperti maskara dan eyeliner. Menggunakan produk riasan mata yang kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko infeksi mata seperti mata merah.

Meskipun beberapa kasus mata merah dapat hilang dengan sendirinya, antibiotik atau salep mungkin diperlukan, menurut Stanford Health Care.

BACA JUGA:Mau Kulit Glowing Pakai Jeruk Nipis? Gini Caranya

BACA JUGA:Jaga Elastisitas Kulit dengan Konsumsi Suplemen Kolagen Sejak Usia 20 Tahun

2. Reaksi Alergi

Jika seseorang rentan terhadap reaksi alergi, maka penting untuk mengetahui masa pakai riasannya. Dokter spesialis kulit di New York City Brendan Camp, MD, mengatakan seiring waktu komposisi kimia riasan dapat berubah dan hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam atau dermatitis kontak.

“Reaksi alergi mungkin muncul dengan kemerahan, gatal, bengkak atau bercak bersisik,” kata dia.

3. Jerawat

Bakteri adalah penyebab umum jerawat. Ketika bakteri tumbuh pada riasan lama, hal itu dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat.

Bakteri penyebab jerawat dapat menempel pada riasan sehingga memperburuk keadaan. Setelah seseorang berhenti menggunakan riasan yang mengandung bakteri, jerawat mungkin akan hilang.

BACA JUGA:Hati-hati... BPOM Ingatkan 13 Kosmetik Ini Beresiko Kanker Kulit

BACA JUGA: Kulit Manggis Bisa Jadi Jus Kaya Manfaat, Begini Cara Buatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: