Pj Gubernur Babel: Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Mapur

Pj Gubernur Babel: Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Mapur

PJ Gubernur Babel berdialog dengan masyarakat pengelola pabrik penyulingan minyak Atsiri.--(Yudi)

BABELPOS.ID, RIAU SILIP - Pj Gubenur Bangka Belitung, Dr Safrizal Zakaria Ali M.Si meresmikan pabrik penyulingan minyak Atsiri Desa Mapur Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka Kamis, 21 Desember 2023.

Hadir dalam acara itu PJ Bupati Bangka M Haris, Direktur Operasional PT Mitra Stania Prima (MSP) Harwendro Adityo Dewanto dan Kepala Desa Mapur Muhammad Kasiwan.

PJ Gubenur Safrizal mengapresiasi keberadaan UMKM Mapur Assalam yang mengembangkan penyulingan minyak Atsiri dari tanaman Sapu-sapu yang tumbuh liar.

"Usaha ini juga bagian dari pemanfaatan sumber daya alam yang ada di daerah kita," ujar Safrizal.

BACA JUGA:Proper Emas KLHK Jadi Target Arsari Tambang PT MSP pada Tahun 2025

Syafrizal berharap keberadaan UMKM Mapur Assalam terus berkembang memproduksi minyak Atsiri. Nantinya pemerintah daerah melalui lalui dinas terkait akan membantu menyiapkan kemasan yang menarik, sehingga akan menjadi oleh - oleh khas.

Keberadaan pabrik penyulingan minyak Atsiri dinilainya akan memberikan dampak ekonomi ke masyarakat, karena akan mendorong masyarakat sekitar untuk menanam Sapu-sapu sebagai bahan baku minyak. Hal ini tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat MSP, Akhirnya Desa Mapur Punya Pustu

Sementara itu, Kepala Desa Mapur Muhammad Kasiwan mengatakan keberadaan pabrik penyulingan minyak Atsiri merupakan unit usaha UMKM Mapur Assalam Binaan PT MSP.

Pembangunan sarana pabrik berserta peralatan penyulingan minyak Atsiri dan kendaraan operasional merupakan bantuan dari Program Pemberdayaan Masyarakat PT. MSP.

"Kita berterima kasih atas kepedulian pihak perusahaan pertambangan, pemerintah daerah serta semua pihak yang telah ikut membantu hingga pabrik penyulingan ini berdiri. Dan diharap keberadaan pabrik ini, akan memotivasi masyarakat saat pasca timah ke usaha yang lebih produktif," ujar Kasiwan.

BACA JUGA:Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Direktur Operasional PT MSP Harwendro Adityo Dewanto mengatakan pada akhir tahun 2023, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat PT. MSP membangun pabrik penyulingan minyak Atsiri di desa Mapur.

"Kita menyumbangkan sekitar Rp 500 juta guna mendukung pembangunan sarana dan prasarana pabrik penyulingan minyak Atsiri ini, semua dalam rangka mendukung keberadaan UMKM Mapur Assalam desa Mapur," kata Harwendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: