Bawaslu Bangka Mantangkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Bawaslu Bangka Mantangkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Rapat pengawasan logistik Pemilu di Kabupaten Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka, mematangkan pengawasan logistik Pemilu 2024 yang dipasok KPU pusat ke KPU Bangka.

"Pengawasan logistik Pemilu 2024 merupakan bagian dari fungsi Bawaslu di tahapan tahapan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti di Sungailiat, Senin (4/12).

Dia mengatakan pematangan pengawasan logistik karena perlengkapan pemilu yang sudah diterima KPU Bangka seperti kotak suara, bilik suara dan kabel ties.

"Pengawasan penting kami lakukan untuk memastikan logistik di semua kebutuhan pemilu dinyatakan lengkap sebelum didistribusikan kembali ke KPPS dan TPS," katanya.

BACA JUGA:Tatap Muka Dominasi Metode Kampanye Hari Kelima, Ketua Bawaslu Minta Tingkatkan Pemahaman Kepemiluan

BACA JUGA:Hadapi Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Bangka Barat Panggil Panwascam dan PKD

Pematangan pengawasan logistik di wilayah kerja Bawaslu Kabupaten Bangka, dilakukan dengan menggelar yang dihadiri langsung Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Husin.

"Logistik pemilu seperti pengadaan surat suara untuk pilpres, dan wakil presiden, surat suara untuk pemilihan anggota DPR, merupakan kewenangan KPU RI," kata Husin.

BACA JUGA:Bawaslu Babel Minta Perbaikan Perlengkapan Pemungutan Suara di Kabupaten Bangka

BACA JUGA:Satukan Spirit, Bawaslu Bangka Tengah Gelar Apel Siaga Serentak

Sedangkan kewenangan KPU provinsi kata dia meliputi pengadaan kotak suara, surat suara pemilu anggota DPD, surat suara anggota DPRD provinsi, surat suara anggota DPRD Kabupaten/ kota, bilik suara, segel, tinta dan pendukung perlengkapan lain seperti sampul kertas dan lainya.

"Untuk perkembangan logistik kotak suara, bilik suara, tinta, segel itu sudah diadakan langsung dari di Jakarta, dan sekarang sudah ada di gudang KPU babupaten/ kota di provinsi Bangka Belitung," kata dia.

Sementara kata dia, surat suara pemilu 2024, sekarang sudah dalam proses cetak di percetakan di Klaten Jawa Tengah.(*)

BACA JUGA:Komitmen Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Bangka Gelar Apel Siaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: