Pemadaman Bergilir Listrik, Ini Penjelasan PLN Babel

Pemadaman Bergilir Listrik, Ini Penjelasan PLN Babel

Petugas PLN control room PLN UP3 Bangka terus berkoordinasi dengan petugas lapangan dalam mengatur penyaluran beban ke pelanggan--Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Cuaca ekstrim yang melanda Daerah Sumatera Selatan Sabtu sore tadi (11/11/2023) sekitar pukul 16.12 WIB berdampak pada jaringan transmisi listrik Kenten-Tanjung Api api. Akibatnya, suplay listrik PLN melalui kabel laut menuju Pulau Bangka terganggu. 

Mengkonfirmasi hal ini, General Manager PLN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Munief Budiman menegaskan bahwa PT PLN (Persero) saat itu juga langsung mengerahkan puluhan petugas di lokasi gangguan dan melakukan perbaikan dan pemulihan sistem kelistrikan. 

"Penelusuran sementara, dilaporkan adanya beberapa tower 150kV yang terdampak cuaca buruk dan angin kencang, sehingga pasokan terganggu," ujar Munief dalam keterangan resminya, Minggu (12/11/2023). 

BACA JUGA:Ikut Serta Dalam Gotong Royong Peringati HLN 78, Srikandi PLN Wujudkan Pantai di Belitong Bersih

BACA JUGA:Cegah Kerusakan Aset Tower SUTT akibat Penambangan, PLN Babel Sosialisasi Ke Masyarakat

Atas kejadian kahar ini, kata Munief, kebutuhan listrik di Pulau Bangka mengalami defisit sebesar 29,98 MW, sehingga PLN Babel melakukan manajemen beban untuk kebutuhan pelanggan yang akan dilakukan estimasi sekitar 10 hari kedepan. 

"Saat ini petugas PLN di lapangan terus berusaha untuk melakukan pemulihan," kata Munief. 

Munief menambahkan, untuk meminimalisir dampak pemadaman akibat berkurangnya pasokan daya listrik, PLN langsung mengoperasikan mesin pembangkit secara terpisah (tidak tersambung) dengan sistem kelistrikan Sumatera. 

BACA JUGA:PLN Tandatangani Perjanjian Jual Beli Listrik PLTS Bangka 10 MWac Pengembangan Energi Baru Terbarukan

BACA JUGA:Dampingi Kunjungan Presiden di IKN, Dirut PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik dari Energi Bersih

PLN juga terus berkoordinasi dengan stakeholder dan seluruh masyarakat untuk menginformasikan progress pemulihan yang dilakukan. 

"Jika masyarakat membutuhkan informasi atau pelaporan dapat melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari Playstore atau Appstore," imbuh Munief.(*)

BACA JUGA:PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Petir Pada Sistem Kelistrikan di Pulau Belitung

BACA JUGA:Dikepung Hujan dan Angin Kencang, PLN Gerak Cepat Pulihkan Ganguan Petir Jaringan SUTT 70kV di Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: