Terealisasi 3519 Sertifikat Tanah, Capaian Target PTSL Bangka Tengah Tertinggi di Babel

Terealisasi 3519 Sertifikat Tanah, Capaian Target PTSL Bangka Tengah Tertinggi di Babel

Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Berkunjung Ke Kabupaten Bangka Tengah, Door To door Serahkan SHAT Ke Masyarakat.--

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menargetkan 3500 masyarakat memiliki Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) dan telah tercapai 100 persen, bahkan terealisasi 3519 SHAT.

Keberhasilan tersebut turut diapresiasi Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto yang datang berkunjung ke Bangka Tengah.

BACA JUGA:PT Timah Jaga Kawasan IUP Lewat Sertipikasi, Jalin Kerjasama ke BPN

Pada kesempatan tersebut, Menteri ATR/BPN menyerahkan langsung sertifikat tanah, baik berupa hak pakai maupun hak wakaf yang dipergunakan sebagai Lapangan Tembak Yonif 147/KGJ di Desa Jelutung dan Lahan Masjid Nurul Huda Simpang Katis.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sertifikat tanah langsung door to door kepada sembilan masyarakat Desa Beluluk berupa Sertifikat Tanah Hak Milik dan Pemerintah Desa Beluluk sebanyak dua Sertifikat Tanah Hak Pakai.

BACA JUGA:PT Timah Jaga Kawasan IUP Lewat Sertipikasi, Jalin Kerjasama ke BPN

Adapun masyarakat yang menerima sertifikat tanah ini adalah masyarakat yang terdaftar pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). PTSL adalah salah satu inovasi pemerintah melaui ATR/BPN yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

"Kita serahkan sertifikat tanah program PTSL dan masyarakat memang sudah lama menunggu, karena sudah ditanami kelapa, sawit dan sebagainya," ujarnya

BACA JUGA:Di Babel, Menteri Hadi Tjahjanto Door to Door Serahkan Sertifikat Tanah Masyarakat

"Saya juga sangat senang, karena masyarakat antusias mengikuti program ini dan mereka menyadari bahwa Surat Keterangan Tanah (SKT) dari desa itu berarti mereka masih berstatus hidup di atas tanah negara. Namun ketika dijadikan sertifikat, maka tanah menjadi hak milik, sehingga bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” tambahnya.

Ia juga mengapresisi Kabupaten Bangka Tengah, karena menjadi salah satu kabupaten diantara 2 kabupaten/kota dengan capaian target PTSL tertinggi hingga saat ini.

BACA JUGA:Dampak Baik Pelatihan Pupuk Cair PT Timah Tbk, Buah Nanas Poktan Air Jelutung Mulai Tumbuh Besar

“Adapun strategi yang kami lakukan hingga tercapai target ini, yakni ANEV setiap satu bulan sekali serta sosialisasi kepada masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang beranggapan dengan SKT saja sudah kuat,” ujar Hadi.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan rasa bangga atas target program PTSL di Bangka Tengah yang sudah mencapai 100 persen, bahkan melebihi target. Adapun target yang dicapai sebanyak 3519 sertifikat dari target awal yang direncanakan sebanyak 3500 sertifikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: