BPPKAD Bangka Tempatkan Petugas Pemantau Tapping Box

BPPKAD Bangka Tempatkan Petugas Pemantau Tapping Box

Petugas Tapping Box BPPKAD Bangka di salah satu rumah makan.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Guna mengoptimalisasi peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya sektor pajak, Tim Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Bangka menempatkan petugas pajak daerah di beberapa restoran, cafe dan rumah makan.

Penempatan petugas tapping box ini dalam rangka Uji Petik Potensi Pajak yang tersebar di beberapa tempat seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka. Program akan berlangsung sebulan, 1 hingga 30 November 2023. Tiap satu tempat restoran, cafe dan rumah makan ada 2 orang petugas.

Kabid Penagihan dan Pengendalian Adi Muslih melalui Kasubid Operasional dan Penindakan Pajak daerah BPPKAD Kabupaten Bangka Maringan, S disela-sela kegiatan penempatan petugas Tapping Box mengatakan, sebelumnya pihak BPPKAD Bangka sudah memberitahukan secara tertulis lewat surat kepada wajib pajak yang langsung ditandatangani Pj. Bupati Bangka, bahwa akan ada petugas.

"Ini salah satu upaya Kita dari Tim BPPKAD Bangka dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah, khususnya sektor pajak yang ada di restoran, cafe dan rumah makan. Uji Petik ini dilakukan petugas untuk memantau berapa jumlah transaksi yang ada oleh wajib pajak," ungkapnya, Rabu (1/11).

BACA JUGA:Optimalisasi Pendapatan Daerah, BPPKAD Bangka Sosialisasikan Pajak Hotel & Restoran

BACA JUGA:Tingkatkan PAD, Tim OPAD Ajak Masyarakat Bangka Segera Bayar Pajak

Dikatakan Maringan bahwa saat ini masih ada beberapa wajib pajak dari restoran, cafe dan rumah makan yang kurang optimal menggunakan tapping box, sehingga nilai jumlah pembayaran pajak daerah oleh wajib pajak terlalu kecil dan tidak sesuai yang ada di lapangan.

Oleh karena itu pihaknya bekerja sama dengan pihak UPT yang ada di setiap kecamatan mulai menerjunkan beberapa petugas untuk mematau setiap transaksi yang ada di beberapa wajib pajak.

Namun demikian pihaknya tidak menerjunkan petugas kepada wajib pajak yang sudah optimal penggunaan tapping box, karena dari jumlah sekitar 65 buah yang telah terpasang, masih ada sekitar 18 buah yang kurang optimal, khususnya yang ada di Kota Sungailiat.

"Pemerintah Kabupaten Bangka melalui BPPKAD mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada pihak restoran, cafe dan rumah makan yang telah mengoptimalkan penggunaan tapping box. Apapun usahanya, bisa menambah peningkatan pajak daerah," tuturnya.

BACA JUGA:Tim OPAD Terus Berupaya Meningkatkan PAD Bangka

BACA JUGA:Tim OPAD Ngebut Kejar Realisasi PAD Bangka

Sementara itu Sekcam Sungailiat Leonardi Abdi Prasetyo mengatakan siap membantu dan bekerja sama dengan pihak BPPKAD dalam rangka peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya sektor pajak restoran, cafe dan rumah makan.

"Intinya siap membantu dan bekerja sama, bagaimanapun juga ini adalah tugas bersama untuk mendukung program pemerintah daerah dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah, khususnya pajak ini," ungkpanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: