Masih Tersisa 2 Bulan, Wabup Bangka Barat Minta OPD Tingkatkan Standar Pelayanan Minimal

Masih Tersisa 2 Bulan, Wabup Bangka Barat Minta OPD Tingkatkan Standar Pelayanan Minimal

--

MENTOK - Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, Bong Ming Ming, mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan untuk meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Juga bidangi perencanaan dan penganggaran daerah guna meningkatkan angka capaian SPM. Demikian disampaikan Bong Ming Ming, saat rapat bersama tim koordinasi SPM di operasional room 1 Setda Pemkab Babar, Jumat (27/10/2023). 

"Makanya saya mengajak kawan-kawan. Kita lihat titik lemahnya di mana, seperti apa strateginya untuk mengejar kekurangan-kekurangan tadi. Sehingga capaian yang hendak kita capai itu tercapai," ujar Bong Ming Ming.

Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 telah menjelaskan bahwa urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar terdiri atas pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, serta sosial.

Keenam pelayanan dasar tersebut merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam penyusunan dokumen perencanaan, supaya penerapan SPM dari keenam pelayanan dasar tersebut dapat terwujud secara baik sesuai dengan standar yang diharapkan. 

"Ini dinilai setiap per Januari ya, kita masih bisa mengejar di dua bulan terakhir ini untuk menaikkan capaian tadi. Ada perumahan rakyat dan kawasan permukiman kita targetkan naik sepuluh persen, sosial lima persen, kesehatan sepuluh persen," ungkapnya.

Sementara itu, Sub Koordinator Bagian Kerja Sama Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Bangka Barat, Irene Stephanie menyebut bahwa pihaknya telah melakukan pembekalan dan pendampingan dalam hal penyusunan rencana aksi daerah SPM Kabupaten Bangka barat untuk kurun waktu 2023-2028.

"Harapannya dengan adanya pembekalan dan pendampingan dari rencana aksi yang sudah dilakukan kemarin dapat membuka wawasan dari masing masing OPD pengampu untuk dapat lebih fokus lagi, untuk dapat lebih jeli lagi di dalam mendefinisikan masing-masing definisi operasional yang ada di dalam SPM itu sendiri," kata Irene Stephanie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: