Ngopi UMKM Vol I, Mulkan: Mulailah Usaha ketika Muda

Ngopi UMKM Vol I, Mulkan: Mulailah Usaha ketika Muda

Mulkan menjadi narasumber Ngopi Vol I di Petaling Banjar.--Ist

BABELPOS.ID, PETALING - Memulai suatu usaha saat ini bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Asal ada kemauan untuk berdikari.

"Alangkah baiknya jika usaha atau bisnis dimulai ketika kita masih muda," demikian ungkap Mulkan, Bupati periode 2018-2023 saat menjadi keynote speaker sekaligus motivator dalam kegiatan Ngopi UMKM vol I di Angkringan KM.12 Petaling Banjar, Sabtu (28/10/2023)

Dalam dialog yang berlangsung santai ini, Mulkan hadir memotivasi para audiens yang merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Bangka Belitung.

"Bisnis itu tidak mengenal usia, tapi, hendaknya adek-adek mahasiswa bisa melakukan bisnis sejak di bangku kuliah," ujarnya. 

BACA JUGA:Mulkan Icip-icip di Festival Harmony: Belum Sah ke Belinyu tak Makan Otak otak

BACA JUGA:Pidato Perpisahan Mulkan: Kami Ada di Mana-mana, Tidak ke Mana-mana

Karena, melakukan usaha pada saat kuliah merupakan implementasi ilmu yang didapat di bangku kuliah. Dan mengasah kemampuan diri dalam bisnis. 

Bisnis atau usaha bisa dimulai dari kecil kecilan Namun harus ditekuni. Sehingga seiring waktu, bisnis akan berkembang, seperti nara sumber yang hadir pada dialog ini merupakan contoh sukses pengusaha muda. 

Menurutnya, sebuah usaha atau bisnis hendaknya memiliki konsep kuat dan bisa dimulai dengan ide yang berbeda.

"Tentunya dengan kemauan keras dan kesungguhan sehingga usaha yang digeluti dapat berjalan langgeng," kupasnya dalam acara bertajuk Generasi muda Berwira Usaha, Ekonomi Bangkit, Indonesia Maju.

BACA JUGA:Akhiri Masa Jabatan dengan 233 Penghargaan, Mulkan-Syahbudin Bikin Rekor

BACA JUGA:2 Hari Jelang Akhir Masa Jabatan, Mulkan Rombak 101 Jabatan, Ini 5 Pejabat Eselon II yang Dilantik

Dalam dialog itu pula, membahas Kopi Petaling (Kopling) yang merupakan kopi khas Kabupaten Bangka dari Mendo Barat, dan kesuksesan pengusaha muda lokal Bangka Belitung. Seperti, owner Desi Bumbu Venny Andriani yang ngetop dengan bumbu lempah kuning dalam kemasan. Obie Ardi owner RM Lempah kuning Muara, Sumardi owner Kopling dan narasumber mumpuni di bidang pengembangan usaha.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: