Kanwil Kemenag Babel Peringati Puncak Hari Santri 2023 di Negeri 1001 Warung Kopi

Kanwil Kemenag Babel Peringati Puncak Hari Santri 2023 di Negeri 1001 Warung Kopi

Peringatan HSN 2023 oleh Kemenag Babel.--Ist

BABELPOD.ID, MANGGAR - Kantor Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, memperingati puncak Hari Santri Nasional (HSN) tingkat provinsi Babel tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Belitung Timur, Minggu, (22/10/2023).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara, dalam amanahnya juga mengajak menjadikan momentum peringatan hari santri nasional 2023 sebagai titik awal bagi semua elemen bangsa khususnya warga pondok pesantren untuk lebih bersemangat berjihad agar mampu memberikan kontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa, terutama dalam meningkatkan intelektualitas, memerangi kebodohan dan kemiskinan. 

Santri harus menjadi garda terdepan dalam jihadnya sebagai pejuang ilmu pengetahuan melawan ketidakpahaman, kebodohan dan ketertinggalan di negeri ini.

BACA JUGA:Ribuan Santri Ponpes Nurul Falah Semarakkan Hari Santri Nasional 2023

BACA JUGA:Siapkan Kader Pemimpin Santri LKSA Al Kautsar Berpetualang

Peran santri juga harus menjadi teladan dalam mempertahankan tradisi Islam dan sebagai pelaku jihad intelektual. Yakni, dengan cara membela nilai-nilai keadilan, perdamaian dan pengetahuan.

Oleh karena itu, buku adalah senjata bagi setiap santri dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan dalam memperdalam ilmu serta menyebarkan cahaya pengetahuan.

“Semoga di hari santri santri 2023 menjadi pematik semangat bagi semua untuk mampu menerjemahkan, menerapkan dan mengaplikasikan ruhul-jihad para santri dalam menjawab tantangan bangsa ini dan tantangan masa depan,” ujar orang nomor satu di Negeri 1001 Warung Kopi ini.

BACA JUGA:Dindikbud Basel Juara I Lomba

BACA JUGA:Sebanyak 183 Santri Ponpes AIAI Sungaiselan Diwisuda, Ini Kata Algafry!

Burhanudin juga mengajak untuk memaknai hari santri 2023 ini sekaligus untuk mengenang peran santri dalam sejarah bangsa, karena selalu ada pada setiap fase perjalanan bangsa Indonesia. 

Oleh karena itu, hari santri nasional juga dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan ulama melalui tokoh-tokoh Islam seperti KH.Hasyim Asy`ari, KH. Ahmad Dahlan, H.O.S Cokroaminoto dan masih banyak tokoh-tokoh santri dan ulama lainnya yang telah mengukir sejarah dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

Peringatan Hari Santri, dengan spirit, resolusi jihad juga dalam rangka menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab moral untuk terus bersatu, terus berjuang dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri.

“Saya sekali lagi mengajak kita semua untuk selalu berdoa agar Allah Swt agar berkenan dan senantiasa memberikan kita petunjuk, kekuatan dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada Jihad Santri Jayakan Negeri,” ajak pria yang juga akrab disapa Aan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: