Launching Internet Desa, Pemkab Bangka Tengah Bakal Tambah 30 Titik WiFi Publik

Launching Internet Desa, Pemkab Bangka Tengah Bakal Tambah 30 Titik WiFi Publik

--

BABELPOS.ID, LUBUK BESARPemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) meluncurkan program Internet Desa dengan akses Wi-Fi Publik gratis bernama BATENG MAJU di PAUD Al-Fitriyah, Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, pada Kamis, (7/9/2023).

Diketahui, program ini diluncurkan melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosta) Bangka Tengah guna mendukung implementasi program kerja Bupati Bangka Tengah dengan sebutan yang sama yakni Program Internet Desa. 

Feri Prihatin Akbar selaku Kadiskominfosta mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik jaringan internet sampai ke tingkat desa di seluruh Kabupaten Bangka Tengah.

“Melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, saat ini telah selesai dilakukan pemasangan infrastruktur akses internet gratis untuk area publik pada 56 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Bangka Tengah,” ungkap Feri.

Dikatakan Feri, bahwa Internet Desa ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan di masyarakat terkait ketidaksetaraan akses internet terhadap informasi, pendidikan, dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Jadi, dengan Internet Desa ini diharapkan dapat meningkatkan akses internet di desa, sehingga setiap warga dapat mengakses informasi dan layanan online dengan lebih mudah," ujaranya

"Serta mendukung pendidikan dengan menyediakan akses internet yang memadai untuk sekolah-sekolah di desa, serta mendorong pengembangan ekonomi di desa melalui pelatihan e-commerce dan pendampingan bisnis online,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algfry Rahman turut mengapresiasi langkah-langkah yang telah diterapkan Diskominfosta dengan dukungan para stakeholder ini.

“Alhamdulillah, kita sudah bisa mencapai target program Internet Desa untuk bagaimana semua desa di Bangka Tengah ini terpenuhi kebutuhan internetnya. Hari ini kita sudah coba akses itu semua, dengan dukungan teman-teman dari IconPlus dan Telkom," ujar Algafry.

"Sekaligus hari ini kita launching juga nama Wi-Fi Publik kita dengan nama BATENG MAJU,” sambungnya.

Selain launching, Algafry juga langsung mencoba pertemuan daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan 6 perangkat desa/kelurahan mewakili 6 Kecamatan di Bangka Tengah. 

Pada kegiatan ini juga diserahkan bantuan pompa air bersih untuk PAUD Al-Fitriyah dari PT Telkom. bantuan ini juga disambut baik oleh Bupati Bangka Tengah dan diharap setiap pihak bersyukur atas pencapaian apapun untuk kemajuan pembangunan Bangka Tengah. 

“Mari kita banyak-banyak bersyukur termasuk bantuan-bantuan yang sudah kita dapatkan kali ini. Mohon apapun yang telah diusahakan oleh pemerintah bersama para stakeholder ini, dirawat, dijaga, sehingga bisa dipakai hingga waktu yang lama, Bapak/Ibu,” pesan Algafry. 

Diberikan juga bantuan berupa alat tangkap ikan dan pembagian kartu Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 23 orang nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: