5 Hari Bangka Expo 2023 Beromset 2 Miliar

5 Hari Bangka Expo 2023 Beromset 2 Miliar

Penutupan Bangka Expo 2023.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Bangka Expo 2023 yang berlangsung 5 hari di Kawasan Perkantoran Pemkab Bangka, berakhir Sabtu (26/8) malam.

Event pameran dan bazar UMKM Bangka ini ditutup Bupati H Mulkan SH MH, yang dimeriahkan dengan hiburan Klaki Band dan penyerahan penghargaan kepada tokoh -tokoh pembangunan Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna, S.STP., M.Si mengatakan selama kegiatan Bangka Expo 22 - 26 Agustus 2023, rata-rata kunjungan diperkirakan 500 sampai 1000 orang perhari, dengan puncak pengunjung pada malam penutupan yang diperkirakan lebih dari 2000 orang. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Apresiasi Bangka Expo 2023

Peserta Bangka Expo tahun 2023 ini terdiri 57 desa,1 BUMDES , 27 OPD, 150 UMKM, dan 26 pihak lainnya seperti sponsor, instansi vertikal, BUMN, BUMD, dan Organisasi Masyarakat.

Adapun nilai transaksi perputaran uang atau omset harian sampai dengan malam penutupan diperkirakan mencapai 2 Miliar dengan perhitungan dari Bazar UMKM sebanyak 150 lapak.

"Kami akui dalam pelaksanaan dan kondisi ekonomi di masyarakat masih belum memadai sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat," jelas Wira.

BACA JUGA:Rugi Gak Datang... Ada Ratusan Stand di Bangka Expo 2023

Wira berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap UMKM lokal sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah sekaligus meningkatkan promosi pariwisata terutama Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Bupati Mulkan mengatakan Bangka Expo 2023 digelar sebagai wadah untuk menggali, mempromosikan dan memasarkan potensi pariwisata, seni budaya, ekonomi kreatif serta produk usaha.UMKM maupun desa.

"Event ini telah terlaksana dengan baik, hal tersebut terlihat dari banyak peserta yang ikut serta dan imbas meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat untuk sektor UMKM di daerah ini," ujarnya. (*)

BACA JUGA:Ikut Gebyar Wisata Nusantara Expo, Dinparbud Bangka Pamerkan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: