Pergantian Pejabat Terkesan Mendadak, Wendy: Evaluasi Minimal 2 Tahun

Pergantian Pejabat Terkesan Mendadak, Wendy: Evaluasi Minimal 2 Tahun

Wendy --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pergantian sejumlah Pejabat Eselon di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel), termasuk Sekda Eddi Supriadi mendapat kritikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Anggota DPRD Basel Wendy, sangat menyayangkan adanya pergantian pejabat di lingkungan Pemkab Basel yang terkesan mendadak.

"Saya menyayangkan sekali dengan pergantian ini, apalagi pejabat eselon II," ungkapnya, Minggu (20/08).

BACA JUGA:Sehari PLH, Jabatan Sekda dan Kadis Kosong di Basel Segera Lelang

Pasalnya pejabat eselon II tersebut dilantik oleh Bupati saat ini, dan ikut proses melalui lelang jabatan yang menggunakan anggaran Negara.

"Mereka sudah ikut lelang jabatan, tetapi belum genap 2 tahun sudah diganti, ini terkesan hanya menghabiskan uang negara saja," ucapnya.

Diketahui pada Jum'at (18/08) Bupati Basel Riza Herdavid melantik 55 pejabat Eselon II, III dan IV. Salah satunya jabatan Sekretaris Daerah Basel yang sebelumnya dijabat oleh Eddi Supriadi digantikan oleh PLH Hefi Nuranda. Eddi Supriadi digeser sebagai Staff Ahli Ilmu Politik dan Pemerintahan.

BACA JUGA:Sekda Basel Digeser. 'Hefi Nuranda' PLH, Eddi Supriadi Di-Staf Ahli-kan?

Dikatakan Wendy, seharusnya evaluasi dilakukan minimal 2 tahun menjabat. Pejabat yang diganti pun seharusnya mempunyai kesalahan yang fatal, jika memang mau diganti sebelum 2 tahun, ataupun dikarenakan adanya pergantian kepala daerah yang baru. 

"Melakukan perombakan seperti ini dapat mengakibatkan birokrasi dan program kerja yang tidak sehat, perencanaan kan butuh 1 tahun dan para pejabat yang bekerja pun akan was was serta tidak maksimal karena sewaktu waktu dapat diganti tanpa penilaian yang pasti," terangnya.

"Kami pun selaku mitra kerja mengalami kesulitan koordinasi, karena hal yang telah dibahas dalam rapat kerja sebelumnya menjadi tidak sinkron lagi dengan adanya pergantian pejabat yang baru," tambah Wendy.

BACA JUGA:Polemik Pembangunan Gapura Desa Tepus, Bupati Riza: Kami Kantongi Sertifikat Hibah

Wendy menyarankan, sebaiknya Bupati Basel merombak pejabat yang masa kerjanya lebih dari 4 tahun di tempat yang sama.

"Saya pikir lebih baik kalau mau melakukan penyegaran, itupun harus di lakukan sesuai dengan penilaian kerja dan kriteria yang sesuai dengan keilmuan pejabat tersebut," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: