PT Timah Tbk dan Yayasan Sekak Green Nature Tanam Ratusan Sagu di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang

PT Timah Tbk dan Yayasan Sekak Green Nature Tanam Ratusan Sagu di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang

--

//Deklarasi Sagu Sebagai Pangan Berkelanjutan dan Pengembangan Hutan Lahan Basah Menyosong Indonesia Net Zero 2060

BABELPOS.ID, BANGKA - PT Timah Tbk melakukan penandatanganan dan deklarasi sagu sebagai pangan berkelanjutan dan pengembangan hutan lahan basah menyosong Indonesia Net Zero 2060 di kawasan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang di Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (8/8/2023).

Penandatanganan dan deklarasi ini dihadiri langsung Kepala Kantor Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko dan Direktur PT Timah Tbk, Ahmad Dani Virsal. 

Hadir pula Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu, Komandan Korem (Danrem) 045/Gaya Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo, Dandim 0413/Bangka Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, Ketua Yayasan Sekak Green Nature Rudiyansah dan sejumlah pejabat Forkopimda lainnya. 

Kegiatan diawali dengan penanaman  bibit rumbia atau sagu di lahan bekas tambang Kampoeng Reklamasi Air Jangkang. 

Penanaman sagu ini merupakan kolaborasi antar PT Timah Tbk, PT Bangka Asindo Agri, Yayasan Sekarang untuk Kelak (Sekak) Green Nature dan Pemprov Babel. 

Sebanyak 300 batang sagu ditanam di Kawasan Kampoeng Reklamasi dalam kegiatan pencanangan ini. Kedepan, rencananya akan ditanam sebanyak 1 juta pohon sagu di lahan bekas tambang yang tersebar di wilayah Provinsi Bangka Belitung. 

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko menyambut baik kegiatan penanaman sagu ini di wilayah Provinsi Bangka Belitung. 

Menurut Moeldoko, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan sagu sebagai komoditi pangan yang berkelanjutan. Namun, sayangnya saat ini belum dikelola dengan baik. 

"Sagu sebagaimana salah satu alternatif pangan di Indonesia dan kita kaya akan itu, sayangnya kita belum eksploitasi ini dengan baik. Kita punya potensi sagu yang besar tapi kita eksportir sagu nomor empat di dunia," ujar Moeldoko usai penanaman. 

Karena itu, dalam kesempatan ini Moeldoko mengajak seluruh pihak untuk menggalakkan penanaman sagu. Saat ini, menurutnya, sagu sebagai salah satu komoditas pangan harus dioptimalkan dengan baik. 

"Jadi mulai sekarang bagaimana kita galakkan agar sagu dikelola dengan baik dan menjadi komoditi pangan unggulan Indonesia," imbuhnya.

Direktur Utama PT Timah Tbk, Ahmad Dani Virsal mengatakan bahwa Manajemen PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk menyukseskan program Indonesia Net Zero 2060 dengan melaksanakan reklamasi dan upaya-upaya dekabornisasi. 

PT Timah Tbk, kata Dani, juga berkomitmen mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan serta melakukan penambangan dengan prinsip good mining practice. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: