Evakuasi Penumpang Sakura Ekspres, Tuntas

Evakuasi Penumpang Sakura Ekspres, Tuntas

--

BABELPOS.ID.- Sebanyak 151 penumpang yang KM Sakura Ekspress terdiri dari 116 penumpang dewasa, 7 anak-anak dengan 28 crew berhasil dievakuasi dan sandar di dermaga penumpang Pelindo Pangkal Balam, Jumat dini hari pukul 00.10 WIB.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Basarnas Bangka Belitung, Polairud Polda Kepulauan Babel, KSOP Pangkal Balam, KPLP Tanjung Priok,KKP Pangkalpinang, Agen PT BMNL dan Pelindo Pangkal Balam berhasil mengevakuasi korban KM Sakura Express yang mengalami kandas di 2° 8.515'S 106° 13.812'T.

BACA JUGA:Lagi Antre Masuk ke Kapal, Mini Bus Terbakar di Buffer Zone Pelabuhan Tanjung Kalian

Diketahuinya peristiwa ini, bemula dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi pada Kamis (13/7), bahwa ada kapal roro kandas dan mati mesin, berpapasan dengan kapal lain yang menghalangi jalur kapal KM Sakura Express sehingga Nahkoda KM Sakura Express langsung berbelok ke arah kanan kapal sehingga kapal kandas.

Kemudian Nahkoda KM Sakura Express yang memiliki rute Tanjung Priuk, Jakarta, menuju Pangkalbalam menghubungi perusahaan BMNL dan perusahaan BMNL melaporkan ke Kansar Pangkalpinang untuk meminta bantuan evakuasi.

BACA JUGA:Tugboat Bermuatan Batu Bara Terbakar di Selat Bangka

Mendapatkan informasi tersebut. pada 13 Juli 2023 pukul 20.50 WIB, Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing di KN SAR Karna dan langsung menuju Last Known Position (LKP) untuk melakukan evakuasi.  Selanjutnya pada pukul 22.10 WIB KN SAR Karna sandar dan tender ship to ship di LKP untuk melakukan proses evakuasi terhadap korban. Hingga pukul 22.50 WIB Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 151 orang penumpang dalam keadaan selamat. Sedangkan crew sebanyak 25 orang masih berada diatas kapal untuk menunggu pasang tertinggi dan mencoba melakukan olah gerak kapal.(ant)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: