68 Peserta Berkompetisi di Ajang KSM 2023

68 Peserta Berkompetisi di Ajang KSM 2023

Pembukaan KSM Kota Pangkalpinang tahun 2023.-Ist-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Pangkalpinang tahun 2023 dengan tema “Madrasah Menciptakan Generasi Mandiri Berprestasi dan Kompetitif’ dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Firmantasi. KSM ini akan berlangsung dari 08-10 Juli 2023 di MAN 1 Pangkalpinang.

Orang nomor satu di Kemenag Kota Pangkalpinang itu menjelaskan bahwa KSM merupakan agenda tahunan rutin yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia. Proses seleksi dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kendari Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel dan BAN-S/M Saling MoU Demi Madrasah Berprestasi & Mandiri

Sebagaimana yang ditargetkan oleh Kemenag bahwa, KSM juga merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat dan budaya berkompetisi para pelajar di madrasah yang memadukan pengetahuan bidang sains dan nilai-nilai Islam.

Tahun ini KSM tingkat Kota Pangkalpinang diikuti 63 siswa dari tingkatkan MI, MTS dan MA. Para peserta ini akan menjalani kompetisi dalam bidang Sains matematika, fisika, IPA dan Geografi terpadu.

”Alhamdulilah masing-masing materi ujian yang harus dilalui peserta adalah bidang sains yang dipadukan dengan nilai-nilai al-qur`an dan juga hadist,” ujarnya.

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel dan BAN-S/M Tandatangan MoU, Demi Madrasah Berprestasi

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menambah ghiroh wawasan, ghiroh dan daya saing di tingkat madrasah.

Firmantasi optimis, melalui kegiatan KSM ini akan mampu mendorong semangat para peserta didik dalam rangka meningkatkan prestasinya, saling bertukar pengetahuan dan memperluas ilmu pengetahuan. 

“Kami juga berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah, karena KSM ini bukan hanya semata-mata sebagai ajang kompetisi sains madrasah tetapi juga dapat diikuti oleh siswa dari sekolah-sekolah yang di bawah naungan dinas pendidikan,” tambahnya.(*)

BACA JUGA:Tunjangan Rp 250 Ribu Guru Madrasah Cair, Khusus Guru Non ASN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: