Ini 4 Program Prioritas Dinas Perikanan Bateng Tahun 2023, Inovasi SiDolpin Jadi Unggulan

Ini 4 Program Prioritas Dinas Perikanan Bateng Tahun 2023, Inovasi SiDolpin Jadi Unggulan

Imam Soehadi, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, KOBA - Tahun 2023 ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memiliki 4 program prioritas, yakni perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil ikan dan pengawasan sumberdaya perikanan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan, Imam Soehadi kepada babelpos.id di Koba, pada Jumat (7/7/2023).

"Untuk program perikanan tangkap, kegiatan yang kita laksanakan berupa pembangunan sentra nelayan, program paceklik nelayan, kampung nelayan maju (Kalaju) dan jaminan sosial nelayan," ujar Imam.

Sedangkan, untuk program budidaya, pihaknya melakukan inovasi berupa kampung perikanan budidaya, pakan rakyat, tambak rakyat dan revilitasi UPR serta instalasi budidaya ikan hias dan ikan lokal.

"Kemudian, untuk program pengolahan dan pemasaran hasil ikan, kegiatan yang kita lakukan yakni bedah Unit Pengolahan Ikan (UPI), sentra perebusan ikan, zero waste dan sertifikasi kelayakan pengolahan ikan," terangnya.

Ia berujar, untuk program pengawasan sumberdaya perikanan, kegiatan yang dilakukan berupa revitalisasi Pokmaswas perikanan dan stasiun PSDKP.

"Tahun ini, kita juga kembali mengembangkan beberapa inovasi, yakni budidaya kepiting bakau sistem box appartement, pakan rakyat, lempah kuning ikan dalam kaleng, atraktor/rumpon cumi, Posikandu, jaminan sosial perikanan, kios maritim dan Sidolpin cumi," tuturnya.

"Bahkan, inovasinSIDOLPIN Bangka Tengah masuk 45 Besar KIPP 2023 Kemenpan-RB RI, semoga berbagai program dan inovasi Dinas Perikanan Bateng semakin memudahkan masyarakat," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: