Bansos Kapal Ikan Mampu Turunkan Kemiskinan

Bansos Kapal Ikan Mampu Turunkan Kemiskinan

Wabup Syahbudin saat menerima bansos kapal nelayan dari Mensos Risma.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Wakil Bupati Bangka, Syahbudin berkeyakinan bantuan sosial kapal penangkapan ikan untuk nelayan mampu membantu menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan penerima.

Bantuan kapal penangkapan ikan dari Kementerian Sosial langsung diserahkan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini kepada nelayan Sungailiat di Kampung Nelayan I, Selasa (4/7).

"Bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi nelayan penerima manfaat karena membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan," kata Wabup Syahbudin.

BACA JUGA:Mensos Risma Minta Pemkab Bangka Dirikan Koperasi Nelayan

Dengan bantuan tersebut, Wabup Syahbudin berkeyakinan tidak hanya membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian nelayan, tetapi juga membantu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bangka yang tercatat sampai akhir tahun 2022 sebesar 4,26 persen.

"Angka kemiskinan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 4,81 persen," jelasnya.

BACA JUGA:Ke Kampung Nelayan I Sungailiat, Mensos Risma Bagi-bagi 51 Kapal

Wabup menyebutkan penurunan angka kemiskinan sebagai implikasi dari validitas data dan bantuan sosial penerima manfaat yang tepat sasaran.

Sebagai daerah kepulauan, masyarakat di Bangka Belitung sebagian besar bekerja pada sektor perikanan tangkap atau nelayan dengan jumlah nelayan mencapai 6.500 orang tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

"Dalam upaya menurunkan kemiskinan, selain bantuan sosial dari Kementerian Sosial, Pemerintah Kabupaten Bangka setiap tahun menyalurkan bantuan peralatan usaha seperti mesin pembuat pakan ikan dan bantuan peralatan usaha yang lain," kata Wabup.

BACA JUGA:Kunjungi Bangka, Mensos Risma akan Bagi-bagi Kapal

Tercatat sebanyak 51 unit kapal penangkapan ikan bantuan dari Kementerian Sosial RI, disalurkan masing - masing 25 unit untuk nelayan di Kabupaten Bangka dan 26 unit kapal bagi nelayan di Kabupaten Bangka Selatan.(*)

BACA JUGA: Ada Bansos Bedah Rumah RST dari Kemensos Rp20.000.000? Mau, Begini Caranya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: