Salat Iduladha di Masjid Al Muhajirin Pangkalpinang, Ini Pesan Khotib

Salat Iduladha di Masjid Al Muhajirin Pangkalpinang, Ini Pesan Khotib

Jamaah salat Ied di Masjid Al Muhajirin Pangkalpinang.-Reza -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Salat Iduladha 1444 H warga Muhammadiyah dan jalan Balai Pangkalpinang terpusat di masjid Al Muhajirin. 

Bertindak sebagai imam dan khotib langsung dari pengurus Muhammadiyah pusat yakni M Izzul Muslimin. Salat berlangsung sekitar pukul 7 WIB berlangsung aman dan lancar.

Izzul Muslimin dalam pesan khutbah mengatakan setiap penyelenggaraan Iduladha selalu teringat akan riwayat perjuangan nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail. Bahwa 2 nabi -ayah dan anak itu- telah lolos ujian keimanan yang diberikan oleh Allah SWT dengan menyembelih anaknya Ismail.

BACA JUGA: Warga Muhammadiyah Padati 3 Masjid PGK

Kisah nabi Ibrahim AS dan Ismail AS menjadi pembelajaran bagi umat manusia. Sekaligus menguji keimanan seseorang selaku hamba yang mengaku berimanan. Apasti senantiasa diuji Allah SWT sampai akhir hayat. 

Ujian itu tak lain guna menguji sekaligus menjaga agar jangan sampai selaku manusia yang beriman jatuh ke jurang kenistaan.

Ujian dalam hidup manusia berupa kesulitan dan kenikmatan. Allah SWT menguji kebaikan dan keburukan. 

Kalau keburukan seperti sakit dan persoalan ekonomi.  "Apakah kita akan lolos ujian itu," ucap Sekpim PP Muhammadiyah.

BACA JUGA:Idul Adha 1444, Muhammadiyah Bangka Salat Ied di Masjid Baitul Ummah Sungailiat

Namun sebaliknya kalau ujiannya kebaikan apakah kita akan bersyukur. Semua ujian itu harus diterima sebagai wujud ketabahan. 

Dia juga mengutip Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 155-156. 

Artinya: Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan "Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji'ūn" (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali).

Sementara yang lagi diuji dengan dapat kenikmatan seperti kesehatan, harta dan keturunan maka agar dijaga dan jangan disia-siakan serta selalu disyukuri. Gunakan selalu kenikmatan itu di jalan Allah SWT. Gunakan selalu untuk kepentingan di jalan umat. 

BACA JUGA:PT Timah Tbk Salurkan Bantuan Hewan Kurban di Pulau Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: