Maya Suganda Pasaribu: Peran BKOW dalam Peningkatan Ekonomi Perempuan

Maya Suganda Pasaribu: Peran BKOW dalam Peningkatan Ekonomi Perempuan

IST/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) Maya Suganda Pasaribu, menjadi narasumber dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kualitas Keluarga Kewenangan Provinsi, di Hotel Novilla Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (27/6/23). 

Dalam kegiatan ini, Ketua BKOW Maya Suganda memaparkan materi terkait Peran Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) dalam Peningkatan Ekonomi Perempuan di Kepulauan Bangka Belitung.

Dirinya menjelaskan bahwa tugas pokok BKOW adalah menetapkan dan melaksanakan kerja sama secara aktif di sesama organisasi, melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah, serta memelihara persatuan dan kesatuan sesama organisasi wanita.

Ia pun menjelaskan bahwa tujuan didirikannya organisasi wanita tersebut adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kaum perempuan.

Maya Suganda yang juga merupakan Pj Ketua TP PKK Prov. Kep. Babel ini mengungkapkan, bahwa perempuan memperoleh kebebasan untuk bekerja membantu suaminya dalam hal meningkatkan pendapatan keluarga. 

Dijelaskannya strategi pemberdayaan perempuan dapat dilakukan antara lain dengan membongkar mitos kaum perempuan sebagai pelengkap dalam rumah tangga, memberi beragam keterampilan bagi kaum perempuan, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan untuk bisa mengikuti atau menempuh pendidikan seluas mungkin.

"Perempuan juga memiliki peran ganda, apa itu peran ganda? Peran ganda di sini adalah dua peran atau lebih yang dijalankan dalam waktu bersamaan, dalam hal ini peran yang dimaksud adalah peran seorang perempuan sebagai istri bagi suaminya, Ibu bagi anak-anaknya, dan peran sebagai perempuan yang memiliki karir di luar rumah," kata Ketua BKOW Maya. 

Selain itu, pemberdayaan perempuan ini juga sangat penting dengan tujuan untuk membangun kesadaran perempuan tentang kesetaraan gender, agar mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Sehingga perempuan dapat mandiri dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan. 

Untuk itu, organisasi wanita sebagai wadah yang menggambarkan kesetaraan gender agar kaum wanita bisa mengaktualisasikan dirinya untuk berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Wanita sebagai seorang ibu menurutnya juga harus tampil di depan umum, dan melalui organisasilah hal ini bisa diwujudkan. 

"Peran perempuan dalam kemampuan kewirausahaan berdampak luas, tidak hanya bagi peningkatan ekonomi keluarga dan ekonomi nasional, namun juga akan mendorong tersedianya lapangan kerja untuk menyerap angkatan kerja," pungkasnya. 

Penulis: Lisia Ayu

Foto: Iyas Zi

Editor: Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: